12 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Mengapa Kucing di Buang Bisa Balik Lagi ke Rumah?


Mengapa Kucing di Buang Bisa Balik Lagi ke Rumah?
Ilustrasi

KLIKBONTANG.COM- Meski ditinggalkan di lokasi jauh dari rumah, tak jarang kucing masih bisa kembali lagi. Kemampuan mengingat jalan pulang ini memang menjadi salah satu keistimewaan kucing.

Berdasarkan penelitian Matthijs van der Meer dari University of Waterloo, kucing memiliki ingatan (memory) yang kuat akan hal-hal di sekitar mereka. Saat dibawa kemana-mana, mereka bisa mengingat jalan hingga posisi tempat-tempat yang mereka lalui.

Selain itu, ilmuwan juga memprediksi bila hewan peliharaan ini mempunyai indera khusus yang bisa merasakan gaya magnet meski lemah. Indera ini berguna untuk menentukan di arah mana laut berada (landmark). Dengan pedoman posisi arah laut, kucing bisa berjalan tanpa khawatir salah arah.

Kucing seperti banyak hewan lain, memiliki kemampuan dasar hewani bernama navigasi takson. Singkatnya, itu adalah kemampuan untuk merasakan arah lokasi target yang dituju.

Untuk membuat prediksi lokasi semakin tepat, kucing menggunakan berbagai indera mereka, mulai dari penglihatan sampai penciuman. Akan tetapi jangan kira kucing tidak pernah salah ambil jalan.

Menariknya, kesalahan mengambil arah pulang bisa menguatkan peta imajinatif (mental map) yang ada di otak mereka. Ya, mental map membuat mereka tidak mudah melakukan kesalahan pengambilan jalan yang sebelumnya tidak sengaja dilakukan.

Itulah alasannya mengapa hewan predator lucu tersebut mempunyai sistem pencari alamat yang hebat. Tak heran jika banyak orang harus memasukkan kucing liar dalam karung agar tidak kembali ke rumah mereka.(*)

Reporter : Aysah Idris    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0