16 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bontang Jadi Percontohan, Target Cetak 50 Ribu KIA


Bontang Jadi Percontohan, Target Cetak 50 Ribu KIA
KIA yang mulai diterapkan di Makassar, tahun ini Bontang jug akan mulai diterbitkan.

KLIKBONTANG- Tahun ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang menargetkan 55 ribu anak usia 0-16 tahun bakal memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

Target ini sebagai upaya menyukseskan program pemerintah pusat yang sudah menunjuk Kota Bontang bersama 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia lainnya sebagai program percontohan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sekarang kami tunggu blangko dari pusat, Bontang menjadi co-pilot program ini dari 50. Kabupaten/kota se-Indonesia, informasi yang kami terima saat ini masih tahapan lelang," kata Kabid Pendaftaran dan Kependudukan (Dafduk) Disdukcapil. Eka Dedi Anshariddin, saat ditemui Klik Bontang di ruang kerjanya, Jumat, 18 Maret 2016.

Ia mengungkapkan KIA memiliki dua manfaat, bagi anak kartu ini berfungsi sebagai identitas anak bagi usia 0-16 tahun, kartu tersebut dapat dimanfaatkan anak untuk keperluan administrasi, seperti di Bank atau pelayanan publik lainnya. Sedangkan untuk pemerintah, kemudahan dalam pendataan dan perlindungan terhadap anak.

"Untuk jumlah anak usia dibawah 17 tahun sekitar 55 ribu anak. Maunya sih semua bakal terdaftar. Cuma kami belum tahu pastinya gimana distribusi blangkonya, sekaligus atau bertahap," bebernya.

Lebih lanjut, Eka menjelaskan, KIA nanti terdiri dari 3 macam jenis, pertama jenis kartu untuk anak bayi yang baru lahir, ini akan terbit bersamaan dengan akta kelahiran. Kemudian bagi anak usia 0-5 tahun atau Balita, terakhir kartu untuk anak usia 5-16 tahun.

Perbedaan ketiganya hanya terdapat foto anak di kartu, cuma kartu anak usia di atas 5 tahun memiliki foto. Sedangkan kartu balita dan bayi yang baru lahir tidak tertera foto mereka.



Reporter : Zaenul Fanani    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0