16 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Panwaslu Gelar Pelantikan Pengawas TPS Bontang Selatan


Panwaslu Gelar Pelantikan Pengawas TPS Bontang Selatan
Suasana pelatihan pengawas TPS Bontang Selatan

KLIKBONTANG – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bontang menggelar pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) bagi pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kecamatan Bontang Selatan untuk Pemilu 9 Desember 2015 mendatang.

Kepada KLIKBONTANG, Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Kota Bontang Hamsinar menerangkan pihaknya telah melaksanakan perekrutan pengawas TPS dan tengah memberikan pelatihan dan bimbingan teknis bagi para petugas.

Hamsinar pun menambahkan, pengawas TPS akan melaksanakan tugasnya terhitung sejak pelantikan hingga H+9 setelah Pemilu Kota Bontang dilaksanakan.

“Mereka melaksanakan tugasnya sejak dilantik sampai 9 hari setelah pencoblosan. Bimtek ini dilakukan sebagai kelengkapan alat kerja di TPS nanti dan pengawasan pada saat hari H sampai selesai, tetapi mereka sudah bekerja sejak dilantik hari ini,” paparnya.

Ia mengungkapkan jumlah pengawas TPS yang dibentuk sebanyak 109 orang untuk bontang selatan, sesuai dengan jumlah TPS yang disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota  Bontang.

Sementara, Komisioner KPU Divisi Informasi dan Hubungan Antar Lembaga Erwin menyebutkan pengawas TPS yang telah dibentuk itu, bekerja sesuai dengan surat keputusan Panwascam (Panwas tingkat Kecamatan) di masing-masing kecamatan.

“Masa kerja pengawas TPS selama sebulan, dimulai saat mereka dilantik sampai dengan berakhirnya pemungutan suara H+9,” terangnya.

Dipaparkan, syarat menjadi pengawas TPS kata Erwin, minimal usia 18 tahun, berasal dari berbagai unsur masyarakat, baik dari tokoh masyarakat, akademisi, mahasiswa, bahkan pelajar setingkat SMA yang telah mencapai usia yang dimaksud.

Hal ini berbeda dengan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) yang dibentuk KPU, minimal berusia 25 tahun.  "Namun secara umum pengawas TPS dengan KPPS sama, mereka berasal dari masyarakat sekitar yang mempunyai hak pilih dan terdata di TPS itu. Dalam bimtek ini kami tekankan pada integritas dan netralitas sebagai petugas pengawas TPS," pungkasnya.(Adv)

Reporter : Fanny    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0