23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Amanat Undang-Undang, BPJS Bawa Semangat Gotong Royong


Amanat Undang-Undang, BPJS Bawa Semangat Gotong Royong

KLIKBONTANGBadan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan menggelar workshop yang mengupas cara kerja dan mekanisme keuangan lembaga penyedia dana jaminan kesehatan nasional tersebut di Samarinda, Jumat (23/10/2015) lalu.

Dalam workshop yang mengikutsertakan jurnalis Kalimantan Timur itu, Dr. Asih Eka Putri, anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional menegaskan bahwa BPJS bukan Perseroan Terbatas layaknya Jamsostek dan Askes. seperti Jamsostek dan Askes.

Badan yang menjalankan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan ini adalah Badan Hukum Publik (BHP). Karena badan hukum publik ini dibentuk oleh Negara melalui Undang-undang, maka tidak berbicara untung rugi. SJSN diberi mandat untuk menyelenggarakan, dan mengumpulkan uang anggotanya untuk kembali digunakan anggota tersebut ketika membutuhkan, ia menjelaskan.

Peserta harus membayar secara rutin, untuk membangun sistem ini. Nantinya uang tersebut yang akan dikeluarkan sesuai kebutuhan anggota. Harapnya, sistem ini akan membangun persatuan dan kesatuan bangsa melalui perlindungan pendapatan dan aset masyarakat karena sakit, kematian pencari nafkah utama, kecelakaan kerja, dan memasuki hari tua.

Asih menambahkan, uang yang didapat dari iuran per bulan oleh anggota, akan mengcover kebutuhan anggota lainnya, itulah mengapa disebut membangun persatuan dan kesatuan.

"Jadi, pembayaran iuran tersebut yang akan digunakan untuk membayar biaya pengobatan anggota yang sakit. Kekurangan dana bagi masyarakat miskin akan dibantu oleh pemerintah melalui BPJS," katanya.

Peserta hanya perlu membayar rutin sesuai program yang dipilih, dan saat membutuhkan pengobatan atau fasilitas kesehatan, biaya tersebut akan dibayarkan oleh BPJS meskipun peserta baru melakukan iuran sekali atau dua kali. (*)

Reporter : Esa Fatmawati    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0