19 Februari 2020

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

8 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan, Dapat Turunkan Berat Badan


8 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan, Dapat Turunkan Berat Badan
Ilustrasi donor darah

KLIKBONTANG.com -- Manfaat donor darah ternyata begitu banyak, salah satunya bermanfaat untuk kesehatan. sejumlah rumah sakit terkadang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah.

Apabila ingin mendonorkan darah, Anda dapat datang ke PMI (Palang Merah Indonesia) atau saat ada kegiatan donor darah di wilayah Anda. Dengan rutin donor darah, tubuh akan semakin sehat dan bugar. Manfaat dari donor darah pun juga akan Anda rasakan.

Dirangkum dari Hellosehat dan berbagai sumber, berikut manfaat donor darah bagi kesehatan:

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat donor darah yang pertama yaitu dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dengan rutin donor darah, maka Anda membantu memperlancar aliran darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri.

Dilansir dari Halodoc, sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin donor darah, dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung sampai 88 persen. Selain itu, dengan rutin donor darah, kadar zat besi dalam darah pun akan tetap normal.

Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari Hellosehat, donor darah dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya. Seseorang yang rutin donor darah akan mengalami penurunan berat badan yang berarti.

Tetapi Anda tetap harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk tubuh. Selain itu, lakukan olahraga teratur agar berat badan ideal dapat tercapai.

Menurunkan Risiko Kanker

Ketika donor darah, zat besi dalam tubuh akan berkurang. Hal ini dapat mengurangi risiko terkena kanker. Kadar zat besi yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh. Zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko kanker dan penuaan.

Oleh sebab itu, rutin melakukan donor darah baik dilakukan untuk menurunkan risiko kanker. Selain menolong sesama, donor darah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Dilansir dari Halodoc, salah satu manfaat donor darah bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini dikarenakan saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang.

Kemudian, sumsum tulang belakang pun akan memproduksi sel darah merah yang baru. Apabila Anda rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru.

Mengetahui Kondisi Kesehatan

Sebelum Anda melakukan donor daah, dokter dan tim medis tentu akan memeriksa kondisi kesehatan Anda. Tekanan darah, suhu tubuh dan kadar hemoglobin akan diperiksa.

Selain itu, Anda juga akan diperiksa untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit seperti HIV, hepatitis C, hepatitis B, sipilis dan malaria. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi darah.

Oleh sebab itu, dengan donor darah, Anda akan mengetahui kondisi kesehatan Anda. Secara tidak langsung, Anda pun telah melakukan rangkaian cek kesehatan.

Memperpanjang Usia

Dilansir dari Hellosehat, sebuah penelitian psikologis menunjukkan bahwa seseorang yang menyumbangkan darahnya untuk menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibanding dengan yang donor darah untuk kepentingan sendiri atau tidak donor darah sama sekali.

Selain itu, Anda pun akan merasa lebih bahagia karena telah menolong orang lain. Dengan menyumbangkan darah, Anda telah membantu menyelamatkan nyawa seseorang.

Mengurangi Kadar Zat Besi dalam Darah

Salah satu manfaat dari donor darah yaitu dapat mengurangi kadar zat besi dalam darah. Dilansir dari Doktersehat, sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan 1 dari 2000 penduduk negara tersebut mengalami gangguan kesehatan hemochromatosis karena kelebihan kadar zat besi.

Rutin donor darah dapat membantu mengurangi zat besi dalam darah. Oleh sebab itu, rutin donor darah tentu baik dilakukan karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat donor darah lainnya bagi tubuh yaitu dapat mencegah penuaan dini. Dilansir dari Doktersehat, donor darah secara berkala dapat memperlambat penuaan.

Kelebihan zat besi tentu tidak baik untuk tubuh. Dengan donor darah, kadar zat besi dalam tubuh akan berkurang. Selain meningkatkan penyakit kardiovaskular, zat besi yang berlebihan dapat meningkatkan radikal bebas yang memicu terjadinya penuaan dini.

 

Sumber : merdeka.com

Reporter :     Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0