16 Desember 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Lebih Dekat Dengan Jiva, Band Indie Asal Bontang, Bagian Dua


Lebih Dekat Dengan Jiva, Band Indie Asal Bontang, Bagian Dua
Menempati posisi ke-3 dalam Levi\\\'s Band Hunt 2019 merupakan capaian tertinggi JIVA sepanjang perjalanan karier mereka.

KLIKBONTANG.com -- Ekosistem di Bontang dirasa kurang ramah bagi musisi lokal. Jangankan untuk mengepakkan sayap (berkembang), untuk bertahan saja rasanya sakit, terseok-seok. Banyak faktor menyebabkan ini. Salah satu penyebabnya ialah minimnya 'panggung' khusus bagi musisi untuk menambah jam terbang. Baik melalui helatan musik: seperti festival atau kompetisi. Pun jarangnya Café lokal atau pemerintah menggelar acara musik yang melibatkan musisi lokal asal Kota Taman.

 
PERJALANAN NAN TERJAL MENUJU LEVI'S BAND HUNT 2019
 
Sejak berdiri tahun 2014 lalu, JIVA lumayan "Tancap gas" untuk segera miliki lagu sendiri. Menurut sang drummer, Aries, ini dilakukan agar band dapat merambah panggung luar kota.
Sebab salah satu syarat untuk manggung di luar adalah dengan membawakan lagu sendiri.
 
Pilihan manggung di luar kota merupakan satu cara guna menjaga eksistensi band. Sebab di Bontang sendiri, festival band atau Café untuk manggung cukup sukar ditemukan. Sementara band harus terus menambah jam terbang agar kekompakan tim dan eksistensinya terus mengudara di publik. Bila menunggu panggilan manggung di Bontang saja, bisa-bisa band bakal stagnan, bahkan mati suri. Saking lamanya menunggu.
 
"Kalau di Bontang, bawa lagu sendiri enggak jarang kami dibully. Tapi kalau main diluar [Kota] justru harus bawa lagu sendiri. Makanya tiap ada lagu baru, kami usahakan segera buatkan video clipnya," beber drummer JIVA, Aries.
 
Sejak 2014-2019, total JIVA telah melahirkan 5 single. Dari seluruh single tersebut 'Sorai Semesta' yang paling banyak merebut atensi publik.
 
Dijelaskan Aries, sejatinya lagu ini sudah lama ditulis. Namun tak kunjung dirilis. Pada 2019, pihak Dispopar Bontang mengajak JIVA untuk menggarap project kolaborasi dalam rangka mempromosikan pariwisata Bontang.
 
Sejak deal itu, beberapa bagian aransemen Sorai Semesta mengalami sedikit perubahan. Sementara liriknya mengalami perubahan total. Dari lirik cinta nan mendayu, menjadi rasa cinta dan kebahagiaan akan indahnya semesta alam ini.
 
Dewi fortuna bak terus mengikuti JIVA sejak lagu itu rilis. Bukan saja menerima ribuan pendengar dan respon postif publik. Sorai Semesta juga mengantarkan JIVA ke panggung Levi's Band Hunt 2019. Sebuah ajang kompetisi band kelas nasional yang cukup bergengsi.
 
Singkat Aries menjelaskan bagaimana JIVA menapaki seluruh tahapan di panggung Levi's Band Hunt 2019.
 
Sekitar bulan Juli 2019 lalu, pendaftaran kompetisi ini dibuka. JIVA mendaftarkan diri dan mensubmit lagu ternyar mereka yakni Sorai Semesta.
 
Usai mendaftar dan submit lagu, label yang ditunjuk panitia kemudian melakukan seleksi. Dari total 2.200-an band se-Indonesia yang mendaaftar, kemudian tersisa 15 band untuk diterbangkan ke Jakarta. Guna melakukan live record, dan dinilai langsung oleh juri.
 
Dari 15 band yang terbang ke Jakarta, menurut Aries ada 6 dari Kaltim. Namun ia tak ingat persis nama band tersebut. Sebagian besar mereka berasal dari Samarinda dan Balikpapan.
 
Usai penyisihan, dan menyisakan 15 besar, tahapan selanjutnya ialah voting online yang dilakulan selama beberapa waktu. Dari sana, JIVA menempati posisi voting 3 besar.

 

Adapun kemudian, band melakukan live record dihadapan juri. Langkah JIVA akhirnya harus kandas sebagai sebagai pemenang kedua. Tidak buruk, bahkan sebuah pencapaian luar biasa. Terlebih bagi band dari daerah.

 

Dikatakan Aries, meski gagal merebut posisi jawara dalam Levi's Band Hunt 2019, dan tak bisa merebut kesempatan untuk dikontrak label. Namun pencapaian JIVA di posisi ke-3 itu merupakan puncak tertinggi dari seluruh perjalanan band selama 4 tahun berkarya.

 

"Yang jelas kami amat mengapresiasi  dukungan teman-teman, apalagi yang kemarin sempat voting. Mewakili JIVA, saya ucapkan terima kasih banget," tegas Aries bersemangat.

 
Project yang saat ini dilakukan JIVA ialah kerjasama dengan label independent dari Yogyakarta, yaitu Euforia Record. Yang mana, label itu digawangi salah seorang personel band Endank Soekamti, yakni Erix.
 
"Kami ada kerjasama dengan Euforia Record. Jadi label itu yang naungi kami sekarang," tandas Aries.

 

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 1

  • kelly magdalena

    Dapatkan BONUS++ TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (QQHarian,info) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘

    kelly magdalena   18 November 2019 - 22:19:54 WIB

AwalKembali 1 LanjutAkhir
Untuk mengirim komentar, silahkan login atau registrasi terlebih dahulu !