16 Desember 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

BPKAD Himpun Aspirasi Penyusunan Naskah Akademik Perda Pengelolaan Barang Milik Daerah Terbaru


BPKAD Himpun Aspirasi Penyusunan Naskah Akademik Perda Pengelolaan Barang Milik Daerah Terbaru
Kepala Bidang Aset BPKAD Bontang, Deddy Haryanto ditemui usai FGD bersama seluruh OPD yang dihelat di Auditorium Kantor Wali Kota Bontang.

KLIKBONTANG.com -- Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bontang menggelar Forum Group Discusion (FGD) bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Auditorium kantor Wali Kota Bontang, Jalan Moeh Rum, Kelurahan Bontang Lestari, Senin 11 November 2019.
 
Bekerjasama dengan Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP) Universitas Gadjah Mada, BPKAD Bontang menyampaikan draf naskah akademik peraturan daerah tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkot Bontang.
 
Kepala Bidang Pengelolaan BMD BPKAD Bontang, Deddy Haryanto menjelaskan melalui FGD, pihaknya meminta masukan dari tiap OPD dalam rangka penyempurnaan Naskah Akademik Peraturan Daerah Pengelolaan BMD.
 
Dengan terbitnya PP nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah maka Peraturan Daerah Kota Bontang Nomor 2 Tahun 2013, tentang  Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Bontang Nomor 2 Tahun 2008  tentang Pengelolaan BMD yang masih berpedoman pada PP No 6 Tahun 2006  akan dicabut dan diganti dengan Peraturan Daerah yang baru dengan  mengacu pada regulasi yang ada saat ini.
 
"Pergantian PP tentang BMD berimbas pada pergantian Permendagri dari Permendagri 17 tahun 2007 berganti menjadi Pemendagri nomor 19 tahun 2016. Sehingga secara hierarki daerahpun menyesuaikan regulasi terkait  pedoman pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD)," ungkapnya ditemui usai acara.
 
Dikarenakan adanya penambahan pasal-pasal didalamnya, maka harus dilakukan penyesuaian peraturan yang menaungi. Dimulai dari siklus perencanaan, penganggaran, pemanfaatan hingga proses pemindah tanganan.
 
Deddy mencontohkan perubahan peraturan tersebut jika dalam hal kerjasama pemanfaatan sebelumnya terdapat 4 item, sekarang menjadi 5 item. Sehingga, secara otomatis Perda pun harus diubah mengikuti poin tersebut.
 
Dengan tujuan sebagai petunjuk  dan menjadi pedoman bagi tiap OPD saat mengelola aset mereka. Didalamnya terdapat penjelasan mengenai tata cara dasar misalnya saat akan melakukan penghapusan barang. Seperti rangkaian prosedur yang diawali pengajuan berisi informasi lengkap barang tersebut.
 
"Semisal untuk menghapus kendaraan perlu dilalui beberapa tahapan. Jika Barang tersebut masih memiliki nilai ekonomis berdasarkan hasil dari Tim Penilai dapat dilakukan penjualan melalui lelang.
 
Atas dasar tersebut, FGD pun dihelat dengan mengajak seluruh OPD memberi masukan terkait penyempurnaan  naskah akademik yang menjadi dasar penyusunan Perda.
 
Kesempatan sama, salah satu tim PSEKP UGM, Taufik Amrullah mengaku pihaknya diminta Pemkot Bontang untuk menyusun naskah akademik sebagai persyaratan dalam penyusunan Peraturan Daerah Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD)
Tujuannya, terdapat perubahan peraturan pengelolaan barang milik daerah di Bontang sesuai peraturan yang berlaku. Sebab, ada perubahan peraturan yang menaungi diatasnya tentang pengelolaan barang milik daerah.
 
"Poin-poin terbaru ada memuat lebih spesifik terkait pengelolaan BMD diantaranya ada mekanisme yang mendasar yaitu menyamakan persepsi terkait aturan yang berkenaan dengan keuangan. Mengkolaborasi supaya tidak ada perbedaan persepsi antara aturan keuangan dengan aturan pengelolaan barang," urainya.
 
Disamping membuat naskah akademiknya, tim PSEKP UGM juga menyusun petunjuk pelaksanaan pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) dalam bentuk Peraturan Wali Kota. Pihaknya berharap melalui naskah akademik ini, kedepan aturan tersebut segera diajukan dalam Prolegda sehingga dapat dipakai untuk pengelolaan BMD secara menyeluruh.(inforial)
Reporter : Darwin Tri Antoro    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 1

  • kelly magdalena

    Dapatkan BONUS TAMBAHAN LANGSUNG 5% SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di QQHarian,net sekarang juga guys. . .???
    Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : 639954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE :)

    kelly magdalena   13 November 2019 - 11:55:54 WIB

AwalKembali 1 LanjutAkhir
Untuk mengirim komentar, silahkan login atau registrasi terlebih dahulu !