19 Februari 2020

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kebut Semalam, Dosen STTIB Ciptakan Inovasi Dari Limbah.


Kebut Semalam, Dosen STTIB Ciptakan Inovasi Dari Limbah.
Irhamni dan Ahmad Yani menunjukkan alat pirolisis kepada KlikBontang di laboratorium Teknik STTIB. (Safril/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.com -- Niat untuk mengurangi sampah plastik di Bontang  menjadi motivasi dua dosen Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang  (STTIB) untuk menciptakan alat pengubah sampah plastik menjadi BBM. Kedua dosen tesebut berasal dari jurusan kimia atas nama Irhamni dan jurusan Tehnik bernama  Ahmad Yani. 
 
Keduanya berhasil menyabet juara 1 dalam Lomba Inovasi, Penelitian dan Teknologi Tepat Guna (SI PEENA) yang digelar oleh Pemerintah Bontang pada 25 Oktober 2019 lalu. Dengan menggunakan alat seadanya yang berasal dari limbah, mereka menciptakan seperangkat alat Pirolisis yang terdiri dari tabung freon, kaleng, pipa dan kompor gas yang digunakan sebagai pemanas. 
 
Kepada KlikBontang Irhamni  mengungkapkan bahwa dengan alat tersebut mereka berhasil mengubah limbah plastik menjadi BBM yang kualitasnya  hampir setara dengan yang berjenis premium. Untuk menciptakan alatnya pun tidak membutuhkan waktu lama. Mereka hanya mebutuhkan satu hari  untuk membuat dan lansung menguji coba BBM hasil dari alat tersebut. 
 
"Kami kerjakan ini dengan sistem kebut semalam, sehari sebelum ikut lomba  saya sudah punya konsepnya lalu menghubungi Pak Ahmad yani untuk buat alatnya, dan Alhamdulillah  langsung berhasil saat uji coba," ujar Irhamni saat menunjukkan Alat Pirolisis di Laboratorium Tehnik STTIB jalan Brigjen Katamso, kelurahan Belimbing, Bontang Barat selasa (29/10/2019) sore. 
 
Sementara itu, Ahmad Yani menambahkan bahwa mereka sangat mengharapkan hasil karya mereka mendapat perhatian dari pihak pemerintah Bontang. Keduanya berharap alat tersebut dapat diproduksi untuk dipakai di setiap RT yang ada di Bontang. 
 
"Kami berharap dengan alat tersebut  cita-cita Bontang tanpa sampah plastik dapat terwujud. Semoga pemerintah Bontang dapat mewujudkan harapan kami," ungkap Ahmad Yani
Reporter : Safril D    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 1

  • kelly magdalena

    Bagi Yang suka main game / Gamers silahkan bisa coba game di qqharian,net Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game.
    Modal perdana kurang beruntung? tenang, kami ganti dgn Bonus Welcome Cashback 100% Dansaat anda regist/daftar jangan lupa masukan kode referal :8FE83FDE
    Utk info lebih lanjut lsg cek ke TKP atau bisa follow IG : kellymagdalena97 yah terima kasih. :)

    kelly magdalena   31 Oktober 2019 - 12:22:32 WIB

AwalKembali 1 LanjutAkhir
Untuk mengirim komentar, silahkan login atau registrasi terlebih dahulu !