21 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Wali Kota Bontang Beberkan 7 Indikator Kemajuan Pembangunan kota Bontang


Wali Kota Bontang  Beberkan  7 Indikator Kemajuan Pembangunan kota Bontang
Pemerintah Kota Bontang bersama DPRD Bontang menggelar Rapat Paripurna memperingati HUT Ke 20 kota Bontang, (Foto : Safril/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG -- Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, membeberkan tujuh program unggulan yang telah dicapai di era kepemimpinannya pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka HUT kota Bontang yang ke 20, Senin (14/10/2019).

"Menginjak usia ke 20 Tahun, dalam perkembangannya perkembangan kota Bontang terus mengalami kemajuan pesat, sehingga dapat sejajar dengan kota lainnya sesuai  visi dan misi dengan menetapkan 7 Indikator," kata Neni dalam pidatonya di Sidang pada  Paripurna HUT kota Bontang di Gedung DPRD,kota Bontang, Jalan Moh Roem, (14/10).

Tujuh indikator pembangunan tersebut, lanjutnya adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terwujud tata kelola pemerintahan yang cerdas dan responsif, meningkatkan kesejahteraan sosial kemasyarakatan, terwujudnya pembangunan kota yang ramah lingkungan, terwujudnya penataan pengelolaan terpadu dan berkelanjutan, meningkatnya daya saing ekonomi kota Bontang, meningkatkan peran sektor non migas dalam struktur pembangunan kota Bontang, meningkatkan daya saing pembangunan kota Bontang.

"Adapun 18 sasaran pembangunan, dengan capaian tersebut yakni, meningkatnya sumber daya manusia,  kualitas pendidikan, meningkatnya kualitas kesehatan, untuk semua, sasarannya dengan 7 program capaian diukur dengan 7 program prioritas," bebernya.

Target capaian kinerja tersebut menurutnya terjadi peningkatan sejak tahun 2016 silam yang saat ini mencapainya IPM sebesar 79,8  persen. Artinya terjadi peningkatan sasaran sesuai target.

Selain itu lanjutnya, tingkat kesejahteraan semakin membaik, dibandingkan tahun 2014. Terkhusus dengan angka kriminal yang sebelumnya mencapai 17 persen. Saat ini mencapai turun menjadi 12 persen.

"Alhamdulillah, kita mengalami penurunan sangat signifikan. Ini adalah prestasi yang membanggakan," katanya.

Selain itu Pemkot Bontang, berupaya keras untuk penanggulangan banjir dengan membangun infrastruktur pengendali banjir ataupun normalisasi sungai.

"Komitmen kita untuk menanggulangi banjir, termasuk dengan penataan ruang dengan gerakan penanaman pohon untuk menjaga volume air tanah," katanya.

Ia optimistis pemerataan pembangunan dengan program yang telah dicapai dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, capaian kinerja tersebut terus kita lakukan dengan mempercepat proses penanggulangan banjir, mempercepat angka pengangguran, dan mempercepat investasi sehingga pertumbuhan ekonomi kerakyatan dapat berjalan sesuai target," bebernya.

Ia meminta agar masyarakat kota Bontang, mampu menjaga kondusifitas pembangunan, dan tidak mudah terprovokasi dengan isu yang tidak jelas.

"Kita berharap agar semua komponen masyarakat untuk saling sinergi untuk memajukan kota Bontang, dan saya tak lupa mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan semua pihak,"tandasnya. (adv)

Reporter : Irwan B    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0