23 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Down Syndrome Bukan Penyakit Keturunan


Down Syndrome Bukan Penyakit Keturunan
Interaksi antara orang tua dan anak-anak down syndrome saat pertemuan Potads Kaltim yang perdana dihelat di Bontang.(Ist)

KLIKBONTANG -- Persatuan Orang Tua dan Anak Down Syndrome (Potads) Bontang mengadakan pertemuan untuk Sharing Ilmu dan Terapi Psikis di  Bungalow 1 Hotel Grand Equator, Minggu 25 Agustus 2019.

Sebagai ajang bertukar pengetahuan dan pengalaman antara orang tua anak down syndrome yang berasal dari Tenggarong, Sangatta, Samarinda dan Bontang. Ada sebanyak 20 keluarga yang mengikuti pertemuan dengan pemateri ialah Meliani selaku Sekretaris Potads Kaltim.

Koordinator Lapangan Potads Bontang, Irma Yulianti berujar pihaknya ingin meluruskan kepada masyarakat jika down syndrome bukan penyakit menular dan keturunan.

"Kita pengen mengedukasi kepada masyarakat. Peran masyarakat di sekitar anak down sindrome itu berpengaruh besar bagi masa depan mereka," terangnya.

Melalui acara ini, diharapkan para orang tua down syndrome dapat saling bertukar informasi dan pengalaman merawat anak berkebutuhan khusus ini. Sebab, diawal mula kehidupan mereka peran orang tua begitu penting mengingat kondisi emosional orang tua termasuk anak-anak ini tak stabil.

Faktor terjadinya down sindrome biasanya telah nampak pada usia kandungan. Sebanyak empat  persen dari kelahiran bayi rentan mengidap down syndrome. Kelainan ini juga terbagi beberapa jenis. Ketika orang tua mendapati kenyataan akan melahirkan anak down syndrome, paling utama bagi mereka ialah harus berlapang dada menerimanya.

"Biasanya down syndrome itu disertai dengan kelainan-kelainan. Kita harus screening, instropeksi dini dan rutin cek kesehatan. Selanjutnya kita kejar stimulasi dan tumbuh kembangnya," jelasnya.

Ia pun berucap syukur atas dukungan penuh yang diberikan Pupuk Kaltim sehingga acara ini sukses terselenggara. Ke depan pihaknya berharap terus dapat merangkul para orang tua down syndrome yang ada di Kota Bontang bergabung bersama Potads.

Mewakili manajemen Pupuk Kaltim, Yudi Vergiono pun menyambut hangat ajang penuh nuansa silaturahmi ini. Apalagi para anggota Potads tak hanya dari Bontang namun juga berasal dari beberapa kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Kaltim. Ia berharap agar Potads Kaltim dapat semakin maju untuk mewadahi perkumpulan orang tua dari anak-anak berkebutuhan khusus ini.

Dukungan penuh yang diberikan sebab Pupuk Kaltim akan selalu mendukung kegiatan yang bersifat positif untuk lingkungan dan masyarakat yang berada disekitar perusahaan.

"Semoga nantinya kegiatan seperti ini dapat rutin terlaksana membantu untuk ajang sharing antara orang tua anak down syndrome," harapnya.(inforial)

 

Reporter : Darwin Tri Antoro    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0