23 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Lapas Bontang Bakal Bangun Pabrik Tempe


Lapas Bontang Bakal Bangun Pabrik Tempe
Gedung Lapas Klas III Bontang. (Fitri/Klik Bontang)

KLIKBONTANG -- Dalam rangka mempersiapkan diri masuk dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kategori pengamanan lemah (minimum security). Lapas Kelas III Bontang bakal membangun pabrik pengolahan tempe di lingkungan Lapas terbesar di Kalimantan Timur (Kaltim) itu.
 
Hal ini menyusul dukungan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen-PAS) Kemenkumham RI, Sri Puguh Utami yang menggelar monitoring dan evaluasi ke Lapas Kelas III Bontang beberapa waktu lalu.
 
Dijelaskan Kalapas Kelas III Bontang, Heru Yuswanto,  pada dasarnya pembangunan pabrik tempe itu bakal menjadi tempat bagi warga binaan untuk melakukan praktik kerja, membekali diri dengan keahlian. Juntrungnya, dari keahlian itu warga binaan dapat memberdayakan diri, dan memberi kontribusi (pemasukan). Baik untuk diri sendiri pun kepada negara.
 
Prinsipnya lapas dengan minimun security menekankan pembinaan di luar tembok. Meski menjalani masa tahanan, namun warga binaan dapat berada "diluar tembok". Dengan catatan, mereka mengerjakan pekerjaan teretentu dan menuruti (tidak berontak) dengan peraturan yang ditetapkan Lapas. 
 
Lebih jauh dijelaskan Kalapas Heru, pendirian pabrik tempe di Lapas memiliki manfaat ganda. Selain sebagai wujud pembinaan kepada warga binaan. Nantinya hasil produksi tempe diprioritaskan untuk konsumsi internal (warga binaan). Bila hasil produksi berlebih, baru akan dikomersilkan ke pihak ketiga.
 
Untuk pembangunan parik tempe sendiri, Kalapas Heru mengaku pihaknya telah mendapat dukungan dari mitra utama Lapas Bontang. Dalam hal ini adalah perusahaan yang beroperasi di Bontang.
 
"Nah untuk saat ini kami masih mencari lokasi strategis untuk mendirikan pabrik tempe," terang Kalapas Heru beberapa waktu lalu.
 
Sedang hal pendukung lain, seperti sumber air bersih sudah disiapkan Lapas Bontang. "Kita punya dua titik sumur bawah tanah dan jumlahnya cukup banyak," terang Kalapas Heru.
 
Sebagai informasi, sejatinya pembinaan warga binaan telah lama dilakukan Lapas Bontang. Beberapa bentuk pembinaan itu diantaranya bengkel otomotif, pembuatan furniture, peternakan, perkebunan, dan pembuatan aneka aksesoris.
Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0