23 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Mantap Berkoalisi, PKB, PPP, dan PDIP, Gabung Dalam Satu Fraksi di Parlemen Bontang


Mantap Berkoalisi, PKB, PPP, dan PDIP, Gabung Dalam Satu Fraksi di Parlemen Bontang
Ketua DPC PKB Bontang, Basri Rase (ist)

KLIKBONTANG -- Tak mau kalah dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Berkarya yang tergabung dalam satu fraksi, yakni Nasdem-Berkarya di parlemen Bontang periode 2019-2024 beberapa waktu lalu. Giliran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), membentuk fraksi PKB Persatuan Perjuangan. Mereka sepakat menunjuk Sitti Yara dari PKB sebagai pemimpin fraksi.

Dalam sebuah kesempatan, Ketua DPC PKB Kota Bontang, Basri Rase, menjelaskan tentang tergabungnya dua partai lainnya dalam fraksi tersebut sebagai pertimbangan lantaran seluruh partai yang tergabung dalam fraksi ini, pun berada dalam Kabinet Indonesia Kerja pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Selain itu, dia menilai bahwa ketiga partai miliki kesamaan ideologi, dan komunikasi intens pun telah lama dibangun. Tak kalah penting dari itu semua. Kedekatan emosional jajaran pengurus inti partai di tingkat cabang (Bontang) terjalin baik. Membuat ketiganya mantap tergabung dalam satu fraksi. Di parlemen Bontang periode lima tahun mendatang.

"Karena banyaknya kesamaan ini. Maka tidak sulit bagi kami untuk menggabungkan diri dalam satu fraksi," ujar Basri kepada wartawan usai menghadiri pengambilan sumpah dan jabatan DPRD Bontang beberapa waktu lalu.

Ditambahkan pria digadang masuk dalam bursa calon Wali Kota Bontang 2020 itu. Bisa saja PKB hanya berkoalisi dengan salah satu partai. Bisa PDIP, atau PPP.

Karena bila merujuk tata tertib DPRD Bontang, satu fraksi dapat terbentuk bila didalamnya minimal terdapat 4 anggota dewan terpilih. Sedang dalam Pemilu 2019 lalu, PKB berhasil mengamankan tiga kursi di parlemen.

Hanya saja, atas dasar kebersamaan dan kesamaan yang telah dia sebutkan. Maka ketiganya siap berjuang dalam satu fraksi di Bontang Lestari untuk menyuarakan aspirasi rakyat.

Dengan "meroketnya" suara untuk PKB di Bontang dalam Pemilu tahun ini. Basri mengucapkan terima kasih kepada publik. Lantaran mengizinkan 3 kader PKB melenggang ke Bontang Lestari. Yakni Junaidi (Menjabat Wakil Ketua DPRD Bontang Sementara), Sitti Yara, dan Abdul Haris.

Ia katakan bahwa ini merupakan amanah besar, dan pihaknya siap mengemban itu dengan sikap bertanggung jawab. Ia pun meminta publik senantiasa mengawasi legislator PKB. Mengingatkan, memberi mereka saran, dan bahkan kritik bila itu dirasa perlu.

"Saya minta masyarakat senantiasa awasi kerja mereka (Legislator PKB) di DPRD. Saya ingin mereka benar-benar mewakili rakyat, dan menjadi anggota dewan yang baik," pungkasnya.

Sebagai infotmasi. Fraksi PKB Persatuan Perjuangan berisikan 7 anggota DPRD. Tiga dari PKB, yakni: Junaidi, Sitti Yara, dan Abdul Haris. Dari PPP yakni Astuti dan Sumaryono. Sementara dari PDIP ialah Agus Suhadi dan Maming.

 

 

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Liah Mulyono



Comments

comments


Komentar: 0