26 Agustus 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Layar Puspita Menyinari Pesisir Bontang


Layar Puspita Menyinari Pesisir Bontang
Anak-anak antusias membaca buku di stan Layar Puspita terobosan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang.

KLIKBONTANG.com -- Semangat dalam memantik ketertarikan membaca buku, dan kemudian menjadikannya budaya, terus digelorakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang. Diantaranya melalui program terbaru DPK Bontang, yakni Layanan Literasi Perpustakaan di Pesisir Kita (Layar Puspita).

Program ini diluncurkan DPK Bontang dalam rangka memberikan pelayanan secara menyeluruh, hingga ke daerah pesisir seperti Tihi-Tihi, Selangan, dan terbaru, Pulau Beras Basah.

Kepada KlikBontang, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan, M Ihsan menjelaskan. Program ini adalah manifetasi dukungan pihaknya terhadap visi Kota Bontang menjadi smart city, kota cerdas.

Dengan kehadiran Layar Puspita di pesisir Bontang. Diharapkan ini dapat memberi kemusahan bagi masyarakat pesisir dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat di pesisir. Dapat meningkatkan minat baca. Menambah ilmu pengetahuan dan perkenalkan komitmen.

Dengan kehadiran Layar Puspita di kawasan pesisir. Diharapkan ini bakal memberi kemudahan bagi mereka (Masyarakat pesisir) dalam memperoleh buku bacaan berkualitas, dan pastinya, tak menyulitkan. Sebab mereka "dihampiri" perpustakaan, alih-alih sebaliknya.

Melalui program sederhana ini, DPK Bontang berharap ini bakal memantik ketertarikan masyarakat membaca buku. Dan suatu hari, itu akan membudaya, mengakar, menjadi bagian dari Kehidupan masyarakat.

"Ada efek domino dari kegemaran membaca. Bukan saja menambah pengetahuan. Namun juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat," urai M Ihsan.

Dalam Layar Pustaka, dibuka stan yang menyediakan buku bacaan dalam beragam genre. Namun, sebagian besar buku bacaan anak.

Guna menarik perhatian pengunjung pulau kebanggan warga Bontang itu. DPK Bontang bekerja sama dengan penyedia boneka karakter.

Hasilnya, masyarakat cukup antusias, terlebih anak-anak. Dengan riang mereka masuk ke tenda yang didirikan, kemudian mengambil buku bacaan. Beberapa anak nampak serius dengan bacaannya. Sementara yang lain sibuk dengan memandang aneka karakter dalam buku.

Selanjutnya, ujar Ihsan, pihaknya bakal merambah kawasan pesisir lain. Tak boleh ada keterbatasan dalam memperoleh buku berkualitas. Layar Puspita selanjutnya menyasar Melahing, Selangan, Gusung. Itu rencananya dilakukan tiap pekan.

"Kami komitmen penuh dalam mengenalkan dan berupaya tingkatkan minat baca. Nah, karena ini kami menyasar daerah pesisir. Tema buku bacaan juga banyak soal laut dan ekosistemnya," tandas Ihsan.

Terakhir, Ihsan menekankan bahwa buku adalah jendela dunia. Kegemaran membaca bakal membuka cakrawala berpikir. (INFORIAL)

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0