26 Agustus 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Hari Pertama Sekolah, Guru: Anak, Jangan Dipakaikan Perhiasan!


Hari Pertama Sekolah, Guru: Anak, Jangan Dipakaikan Perhiasan!
Para murid SD Negeri 003 Bontang Utara berkumpuk di lapangan sekolah sebelum masuk ke kelas masing-masing, Senin (15/7). (FANNY/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.com -- Hari perdana masuk sekolah untuk tahun ajaran 2019/2020 di SD Negeri 003 Bontang Baru. Puluhan orang tua nampak mengantarkan putri putranya hingga ke gerbang sekolah.

Tepat pukul 07.15 Wita seluruh murid digiring ke lapangan. Kemudian membentuk barisan sesuai dengan tingkatan kelas mereka. Apel perdana masuk sekolah segera dimulai.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SDN 003 Bontang Baru, Edy Dwiharsana menuturkan. Di tahun ajaran baru ini, baik seluruh tenaga pengajar dan murid seyogyangya miliki semangat baru dalam menyongsong tahun ajaran baru. Lantaran mereka telah menikmati libur cukup panjang, dalam rangka menyegarkan pikiran (Refreshing).

Terkhusus untuk murid kelas VI. Ia berharap agar anak-anak lebih giat dan rajin belajar. Ketimbang saat duduk di kelas terdahulu. Karena di tahun 2020 mendatang, mereka bakal menghadapi ujian. Pihak sekolah berharap anak-anak dapat memperoleh nilai terbaik.

Kemudian untuk murid baru, yang duduk di kelas I. Ia mengatakan bahwa anak-anak mesti meninggalkan perilaku di Taman Kanak-Kanak (TK). Sebab katanya, di TK lebih banyak bermain. Sedang di SD sudah harus fokus belajar.
"Anak-anak sudah besar. Jangan main-main lagi," ujarnya.

Ia pun berpesan agar murid kelas I jangan berharap terus diantar orang tua. Dia meyakinkan, selama berada di lingkungan sekolah. Mereka seutuhnya tanggung jawab sekolah.

"Jangan khawatir. Bapak Ibu guru akan menjaga anak-anak semua," yakinnya.

Sementara untuk orang tua atau wali murid. Kepsek Edy mengingatkan kembali soal tata tertib sekolah. Yakni larangan menggunakan perhiasan emas. Ini dilakukan karena di hari-hari perdana sekolah. Banyak oknum tak bertanggung jawab melancarkan aksi pencurian emas, pada anak-anak yang notabene tak tahu apa-apa.

"Orang tua juga diingatkan kembali. Tolong anaknya jangan dipakaikan emas selama di sekolah," ujar Kepsesk Edy melalui microphone.

Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan halal bi halal. Seluruh anak mencium tangan guru-guru mereka secara bergantian. Kemudian bergegas ke kelas masing-masing.

Kepada KlikBontang, Kepsek Edy menjelaskan. Di hari perdana ini, dimanfaatkan untuk pembagian jadwal piket dan jadwal pelajaran untuk kelas II hingga IV. Sementara untuk murid baru kelas I. Orientasi masih dilakukan. Untuk semakin mengakrabkan mereka dengan suasana sekolah.

Juga dilakukan perkenalan dengan kawan sekelas. Perkenalan dengan guru-guru pengampuh tiap mata pelajaran. Pembagian jadwal mata pelajaran dan jadwal piket kelas.

"Kalaun untuk proses belajar mengajar. Mungkin bisa kita mulai dua hari setelah ini (Senin)," pungkas Kepsek Edy.

Sebagai informasi. Di SDN 003 Bontang Baru, total ada sekitar 700-an murid.Untuk tahun ini, berdasar kuota ditetapkan Disdikbud Bontang. Sekolah ini menerima 128 murid, yang kemudian dibagi dalam 4 kelas. ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0