22 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Nekat! Wanita Ini Jual Obat Aborsi di Facebook, Lokasinya Diduga di Tanjung Laut


Nekat! Wanita Ini Jual Obat Aborsi di Facebook, Lokasinya Diduga di Tanjung Laut
Tangkapan layar akun yang menjual obat aborsi di Bursa Barang Bontang. (Facebook)

KLIKBONTANG.com -- Penyedia obat aborsi agaknya tak malu-malu dalam menjajakan produknya. Seperti yang terlihat di grup Facebook (FB) yang dipenuhi warga Bontang. Yakni Bursa Barang Bontang (BBB).

Seorang pemilik akun bernama Mutia Afifah, tanpa tedeng aling-aling menawarkan produk ilegal tersebut dalam grup yang dihuni 136 ribu orang itu. "Dijual obat aborsi. Harga 800Rb-1 juta (Penulisan nominal mengikuti posting-annya). Dijamin pasti tuntas," tulisnya.

Tak lupa, ia membubuhkan nomor narahubung yang dapat dihubungi untuk "tanya-tanya." Bahkan, agar tidak tenggelam. Mutia Afifah sempat beberapa kali meng"Up" postingannya.

Tulisan itu dibagi ke BBB sekira pukul 15.37 Wita, Rabu (19/6). Dengan segera, anggota BBB lain merespon, baik berupa emoticon ataupun komentar. Seperti ditulis Imah Mukaromah "jangan jual itu mbak, bunuh orang," responnya.

Lantaran sebagian besar penghuni BBB meresponnya secara negatif. Mutia Afifah lantas menutup postingannya dari kolom komentar. Ia tidak menarik iklan itu, hanya mengatur ulang agar tak bisa dikomentar orang.

KlikBontang kemudian mengulik lebih jauh mengenai si penjual dan produk absurd yang dijajakannya. Pertanyaan dimulai soal kebenaran posting-an di BBB itu. Redaksi bertanya
melalui pesan di FB. Sekira 20 menit, pesan itu dibalas. "iya, benar, " balasnya.

Laiknya pedagang yang menjajakan produk pada calon konsumen. Mutia Afifah tanpa ragu menyakinkan bahwa produk yang dijualnya itu aman, tidak memberi efek samping, dan terpenting, manjur.

"Kalau minat wasap aja (sembari memberi nomor wasap). Kalau enggak ampuh enggak dijual, " ujarnya meyakinkan.

Redaksi lantas bertanya, soal jaminan keamanan membeli produk itu. Mengingat, perdagangan obat aborsi daring sejatinya dapat dijatuhkan hukuman penjara. Baik itu si pembeli (karena berniat aborsi), terlebih bagi si penjual.

"Enggak papa mbak. Aman aja kok," kata dia melalui pesan.

Pertanyaan pamungkas menyasar soal boleh tidaknya produk itu diambil langsung dari si penjual. Ringkas Mutia Afifah balas "datang aja di jalan soedierman," bebernya. Hasil penelusuran, untuk di Bontang. Jalan Sudirman itu terletak di Kelurahan Tanjung Laut, Kecamatan Bontang Selatan. ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0