23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ibu Kota Baru Hampir Pasti di Kalimantan, Pindah 2024, Lokasinya Terserah Jokowi


Ibu Kota Baru Hampir Pasti di Kalimantan, Pindah 2024, Lokasinya Terserah Jokowi

KLIKBONTANG.com -- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan ibu kota hampir pasti pindah ke Kalimantan. Pertanyaannya, di mana persisnya lokasi ibu kota baru nanti?

Bambang menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjelaskan secara rinci soal rencana pindah ibu kota, termasuk lokasi persisnya nant.

"Tahun ini (penetapan). Jadi nanti presiden sendiri yang akan menentukan. Iya, justru lokasinya (yang akan diumumkan)," tutur Bambang di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Bambang juga memastikan bahwa pemindahan ibu kota negara yang baru ke luar Pulau Jawa dimulai tahun 2024. Hal itu menyusul sudah hampir pastinya Kalimantan menjadi ibu kota negara yang baru menggantikan DKI Jakarta.

"2024 sudah ada proses pemindahan," kata Bambang.

Bambang menjelaskan, dibutuhkan waktu perencanaan dan pembangunan selama empat tahun setelah diputuskan wacana tersebut berjalan. 

Sehingga jika dirunut, proses pemindahan ibu kota negara pada tahun 2019 sebagai keputusan, tahun 2020 sebagai proses perencanaan, tahun 2021-2023 proses pembangunan, dan tahun 2024 mulai memindahkan pusat pemerintahan.

Sebagai informasi, ada 2 provinsi di Kalimantan yang menjadi calon kuat lokasi ibu kota baru yaitu Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Timur (Kaltim). Sebelumnya Jokowi juga sudah mengunjungi Kalteng dan Kaltim untuk menjajaki lokasi ibu kota baru.

Merespons soal dua provinsi itu, Bambang sekali lagi menegaskan keputusan lokasi ibu kota baru ditetapkan Presiden Jokowi.

"Semuanya masih kita pertimbangkan, tapi kamu lihat detailnya nanti presiden akan memutuskan berdasarkan hasil kajian kita," terang mantan Menteri Keuangan itu. ***

Reporter : Inara Dafina    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0