12 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Galakan Bersih-Bersih di Tiap RT


Galakan Bersih-Bersih di Tiap RT
Warga dan pegawai Kantor Lurah Api-Api bersemangat membersihkan parit di kawasan Api-Api, Sabtu (15/6) pagi. (FITRI/KLIKBONTANG)

KLIKBONTANG.com -- Kelurahan Api-Api menjadi salah satu daerah paling parah terdampak banjir besar yang melanda Bontang ada 4-5 Juni 2019 lalu. Menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang, tak kurang 155,31 hektare wilayah Kelurahan Api-Api terendam air. Sejatinya ini tak mengherankan. Mengingat daerah berpenduduk sekitar 16 ribu jiwa ini merupakan aliran sungai Bontang.

Tak mau banjir besar lalu kembali terulang. Kelurahan Api-Api dan warga semakin menggalakkan bersih-bersih di tiap RT. Kali ini dimulai dari RT 34. Setidaknya sebagai langkah preventif. Kalau-kalau hujan curah tinggi atau banjir kiriman kembali melanda. 

Kegiatan dimulai pukul 09.00 Wita. Dipimpin langsung Lurah Api-Api, Andiga Mufti Kuswardani.  Dijelaskan, ini merupakan agenda rutin Api-Api. Namun rencananya, bersih-bersih lingkungan ini bakal semakin digencarkan. Tujuannya, tentu untuk menjaga agar lingkungan bersih, dan indah dipandang mata. 

Sementara itu, Sekretaris Lurah (Seklur) Api-Api, Andi Yusrianto menambahkan. Gotong royong ini tak saja untuk menjaga keindahan dan keasrian lingkungan. Pun, sebagai ajang silaturahmi, antara jajaran Kelurahan Api-Api dan warga. Guna mengakrabkan hubungan keduanya. "Gotong royong ini sekaligus jadi ajang silaturahmi,'' ujar Andi, Sabtu, 15 Juni 2019. 

Selain diikuti jajaran Kantor Lurah Api-Api dan warga RT 34. Terlibat pula Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang, serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang. 

Meski di bawah guyuran gerimis. Seluruh pihak yang terlibat kegiatan ini nampak antusias. Membersihkan lingkungan. Mengumpulkan sampah, ranting yang menumpuk atau berserakan. Bahkan peserta tak ragu membersihkan parit dan selokan. Meski bau tak sedap menyeruak dari sana. 

Dengan gesit, mereka membuka penutup parit dan selokan menggunakan balok seadanya. Lantas mengangkat pasir-pasir dan sampah yang mampet menggunakan cangkul. 

Disela-sela kegiatan itu, Seklur Api-Api lantas berseloroh. "Lumayan lah, buat ngisi hari libur, bersih-bersih di RT 34. Ketimbang tidur saja di rumah," tutur Andi seraya tertawa. 

Lantunan ayat suci Alquran yang berkumandang di masjid jadi penanda. Bahwa kegiatan ini ditutup. Meski lelah tak tertutupi. Namun peserta nampak pulang dengan senyum yang berkembang di wajah. *** 

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0