23 Juli 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Percepat Penanganan Banjir, Pemkot Bentuk Satgas


Percepat Penanganan Banjir, Pemkot Bentuk Satgas
Rapat pembentukan Satgas Banjir dilakukan dalam rapat tertutup yang dihelat di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bontang pada Rabu (12/6/2019) pagi. FOTO: DISKOMINFO BONTANG

KLIKBONTANG.com -- Pemkot Bontang tak bermain-main dalam menuntaskan persoalan banjir yang mendera Kota Taman. Ini dibuktikan dengan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Banjir.

Pembentukan Satgas Banjir dilakukan dalam rapat tertutup yang dihelat di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bontang pada Rabu (12/6/2019) pagi. Rapat ini melibatkan hampir seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkot Bontang, Camat, serta Lurah se-Kota Bontang. Sementara, Asisten I Pemkot Bontang, Bahri didapuk sebagai pemimpin rapat kala itu.

Seusai rapat, Asisten Pemerintah I Kota Bontang, Bahri menjelaskan. Rapat pembentukan Satgas berlangsung lama dan cukup alot. Lantaran ada sejumlah perbedaan pandangan soal boleh tidaknya Satgas tingkat kota dibentuk. Mengingat Tim Tanggap Bencana di tiap Kelurahan sudah ada.

Namun usai dirembukkan bersama. Seluruh akhirnya pihak sepakat bahwa tak ada regulasi terbentur dari pembentukan Satgas di tingkat kota ini.

Setelah penyusunan kerangka tim, selanjutnya tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Walikota sebagai bukti sahnya Satgas. Bila SK telah terbit, bakal diagendakan rapat susulan. Guna menyusun tugas dan fungsi masing-masing bidang di Satgas. Agar kedepan, semua bekerja berdasarkan tupoksi, juga untuk menghindari overlapping.

''Sekarang masih pembetukan tim Satgas. Tugas Satgas untuk masing-masing bidang bakal kami bahas kembali,'' terang Bahri kepada awak media usai rapat.

Terdapat 6 bidang dibentuk dalam Satgas tersebut. Yakni, bidang kesiap siagaan, bidang sarana prasarana, bidang perizinan dan pengawasan, bidang perencanaan penelitian dan keuangan, bidang informasi publik dan bidang rehabilitasi sosial dan psikolog.

Pembetukan 6 bidang ini diharapkan mampu menangani persoalan banjir Bontang. Mulai dari antisipasi banjir, penanganan kalau-kalau banjir kembali terjadi. Serta penanganan paska banjir. Sebabnya terdapat bidang rehabilitasi sosial dan psikolog guna mendampingi korban paska banjir.

Bila tugas dan fungsi tiap bidang rampung dirumuskan. Langkah perdana diambil Satgas ialah mendata warga yang berdiam di bantaran sungai. Pendataan ini dilakukan, lantaran Pemkot berencana melakukan normalisasi seluruh aliran sungai di Bontang.

Upaya normalisasi sungai sejatinya telah dilakukan di Kelurahan Guntung. Jauh sebelum Satgas dibentuk. Namun dengan adanya Satgas. Diharapkan normalisasi sungai bakal meluas. Tak terbatas Guntung saja.

''Semoga semuanya rampung akhir Juni ini. Jadi nanti awal Juli Satgas sudah bisa bergerak,'' pungkas Bahri. ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0