26 Agustus 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

PAD Bontang Masih Didominasi Pajak Penerangan Jalan Perusahaan


PAD Bontang Masih Didominasi Pajak Penerangan Jalan Perusahaan
Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni. (KLIKBONTANG/FANNY)

KLIKBONTANG.com -- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bontang menunjukkan tren positif. Pertumbuhan sumber pendapatan bagi daerah bergerak lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pemkot Bontang melaporkan pendapatan daerah di tahun kemarin meningkat sebesar Rp 29 miliar dibandingkan 2017 lalu. Peningkatan ini bersumber dari pajak daerah dan pos lain-lain PAD yang sah yang terkerek naik.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni saat menghadiri rapat paripurna laporan pertanggungjawaban APBD 2018 di Kantor Sekretariat DPRD Bontang, Selasa (11/6/2019).

“Memang kita perlahan tingkatkan potensi pendapatan daerah, walaupun sekarang pembiayaan operasional masih 70 persen bergantung dari transfer pemerintah pusat,” ujar Neni seusai menghadiri rapat paripurna.

Dijelaskan, pos pendapat dari PAD Bontang terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, pendapatan hasil kekayaan daerah yang dipisahkan dan terakhir Lain-Lain PAD yang sah.

Dari ke-4 poin tersebut, pajak daerah dan lain-lain PAD yang sah mengalami kenaikan. Sedangkan dua pos lainnya, menurun dari targe yang ditentukan. Pun begitu, penurunan tersebut tak terlalu siginifikan sehingga masih tertutupi dengan peningkatan pos lainnya.

“Kita bisa mendongkrak PAD, tapi prinsipnya tidak ingin membebani masyarakat,” ujar Neni.

Wali Kota Neni menuturkan, tingkat kepatuhan pembayaran pajak di Kota Bontang cukup baik. Diakui masih ada beberapa wajib pajak, belum sempurna membayar pajak mereka ke daerah. Tetapi, pemerintah secara persuasif mengajak wajib pajak agar taat bayar dan patuh terhadap regulasi yang ditetapkan pemerintah.

“Misalnya dari pajak bangunan, kita bisa tarik tinggi. Tapi tidak kita lakukan karena tak ingin membebani masyarakat,” ungkap politisi Golkar ini.

Pun demikian, pihaknya berkomitmen bakal terus mendorong pertumbuhan PAD Kota Bontang. Tetapi prinsipnya tak memberatkan masyarakat dalam membayar pajak daerah.

“Sejauh ini memang pendapatan dari pajak daerah masih didominasi dari perusahaan, seperti pajak penerangan jalan,” pungkasnya. ***

Reporter : Ramadhan NR    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0