23 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

7 Cara Atasi Batuk selama Puasa, Sederhana dan Mudah Dilakukan


7 Cara Atasi Batuk selama Puasa, Sederhana dan Mudah Dilakukan

KLIKBONTANG.com -- Batuk menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering datang saat puasa. Tentunya batuk akan sangat mengganggu bila datang di siang hari puasa, padahal kamu tidak bisa makan dan minum untuk mengatasinya.

Dengan memperhatikan konsumsi makanan dan minuman saat sahur dan berbuka puasa, kamu bisa menghindarkan diri dari batuk. Pola makan dan pola tidur juga sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan di bulan puasa ini.

Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui cara sederhana mengatasi batuk selama puasa, agar aktivitas berjalan lancar. Kamu harus melakukan beberapa hal penting ini baik saat sahur maupun saat berbuka agar terhindar dari batuk.

Berikut Klikbontang.com merangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/5/2019) cara sederhana mengatasi batuk selama puasa.

1. Minum Teh jahe, Lemon dan Madu

Cara atasi batuk yang pertama adalah minum minuman hangat yang terbuat dari bahan alami seperti, jahe, lemon serta madu saat buka puasa dan sahur. Jahe ampuh mengurangi iritasi akbiat sakit tenggorokan dan madu dapat memberi lapisan pelindung pada selaput lendir. Bahan bahan alami ini efektif dalam melawan infeksi pemicu batuk. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi campuran apel dan madu, serta minum teh herbal yang juga bermanfaat dalam mengobati batuk.

2. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih adalah hal wajib dikonsumsi setiap kamu sedang batuk. Sebab minum air putih akan membuatmu tetap terhidrasi dengan baik serta menurunkan sekresi lendir. Namun kamu harus minum air yang hangat, bukannya malah minum air dingin. Mengonsumsi air dingin, apalagi ditambah dengan es malah akan membuat kondisi batuk semakin parah. Jadi jangan lupa untuk minum banyak air putih saat sahur dan berbuka puasa agar batuk tidak menyerang.

3. Hindari Makan Gorengan dan Minum Soda

Konsumsi makanan mengandung minyak adalah penyebab utama datangnya batuk saat puasa. Banyak orang yang sangat menyukai gorengan dan tidak bisa berhenti makan gorengan saat berbuka. Padahal gorengan menjadi penyebab utama berbagai macam penyakit datang saat puasa. Kamu harus menghindari makan gorengan saat berbuka maupun saat sahur agar batuk tidak semakin parah dan dapat dicegah.

Sedangkan soda atau cairan asam lainnya dapat merangsang sekresi dan menyebabkan batuk. Saat melaksanakan ibadah puasa, minuman bersoda memang tidak baik dikonsumsi karena berbagai efek buruknya bagi kesehatan.

4. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat adalah cara efektif untuk mengobati batuk karena dapat melembabkan saluran pernapasan. Air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga bisa meredakan batuk. Apalagi bila batuk sudah disertai dengan dahak, maka air hangat dapat mengencerkan dahak tersebut.

5. Istirahat Cukup

Selama proses penyembuhan batuk pada bulan puasa, istirahat yang cukup akan berpengaruh sangat signifkan. Saat tidur sistem imun tubuh dapat bekerja lebih maksimal dalam melawan bakteri atau virus yang memicu terjadinya batuk. Maka dari itu, perbanyaklah istirahat saat kamu mengalami batuk saat puasa.

6. Pakai Masker Kesehatan

Untuk menghindari debu maupun polusi udara yang berasal dari asap kendaraan atau polusi lainnya, maka kamu wajib menggunakan masker kesehatan agar batuk tidak bertambah parah. Apalagi bila kamu sedang beraktivitas di luar ruangan. Maka masker kesehatan wajib kamu gunakan agar tidak terserang berbagai virus dan bakteri lainnya.

Masker kesehatan dapat menjagan saluran pernapasan kamu dari debu dan polusi udara agar tidak memperparah batuk yang kamu alami. Selain itu, kamu juga perlu memakai masker kesehatan ini walaupun kamu sehat sehat saja, agar tidak terserang virus berbagai penyakit yang bertebaran di udara.

7. Makan Makanan Bergizi

Mengonsumsi buah-buahan atau sayur akan sangat membantu dalam menjaga tubuh dari virus batuk. Dengan nutrisi yang dikandungnya seperti serat dan air, buah dan sayur efektif dalam meredakan batuk. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah dan sayur sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Batuk yang kamu alami selama puasa akan segera hilang. Jadi kamu wajib memasukkan berbagai buah dan sayuran yang menyehatkan dalam menu sahur dan berbuka puasamu. ***

Reporter : Inara Dafina    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0