12 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pupuk Kaltim Lepas Pemudik ke Barru Tahap 2, Kucur Rp 1,65 M untuk Mudik Gratis


Pupuk Kaltim Lepas Pemudik ke Barru Tahap 2, Kucur Rp 1,65 M untuk Mudik Gratis
Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana secara simbolis menyematkan kaos sebagai tanda pelepasan keberangkatan Mudik Bareng BUMN 2019 bersama Pupuk Kaltim, Sabtu (25/5/2019). (KLIKBONTANG/Fanny)

KLIKBONTANG.com -- Pemberangkatan Mudik Gratis bersama BUMN melalui jalur laut kembali digelar Pupuk Kaltim, di Pelabuhan Lok Tuan, Sabtu (25/5) dini hari. Sama seperti sebelumnya, keberangkatan mudik gratis Tahap Kedua ini bakal melabuhkan para pemudik dengan tujuan Barru, Sulawesi Selatan.

Sekira pukul 00.00 Wita, KM Binaiya mulai terlihat akan bersandar di Pelabuhan Lok Tuan. Menurunkan sebagian angkutan dan tentu saja, bersiap mengangkut para penumpang beserta muatan lain. Khususnya pemudik gratis bersama BUMN-Pupuk Kaltim.

Nuansa khas kesibukan pelabuhan pun semakin terasa kala kapal milik PT. Pelni itu mulai berlabuh. Menjemput para pemudik program Mudik Gratis BUMN 2019 bersama Pupuk Kaltim.

Direktur Produksi Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana menerangkan dalam rangka menyambut momen Idul Fitri 1440 hijriah ini, Kementrian BUMN menggelar mudik gratis dengan transportasi berbasis kapal laut dan bus.

Kementerian BUMN ingin memastikan bahwa BUMN hadir dalam pelayanan kepada masyarakat di hari besar keagamaan. Selain sebagai bentuk kepedulian BUMN kepada masyarakat, program ini juga untuk mengurangi kemacetan di jalan raya selama momen mudik lebaran idul fitri tahun 2019.

Pelaksanaan program ini ialah amanah dari Kementerian BUMN dan PT Pupuk Indonesia Persero kepada Pupuk Kaltim. Memberikan fasilitas mudik gratis ke beberapa wilayah di Kalimantan Timur seperti Bontang, Samarinda dan Balikpapan.

"Dengan kuota sebanyak 3.557 tiket yang terdiri 3.116 tiket kapal laut dan 441 tiket bus," jelasnya.

Bagya menjelaskan program ini menyasar masyarakat di sekitar perusahaan sebagai prioritas utamanya. Pemudik akan diberangkatkan ke Barru, Makassar dan Surabaya melalui jalur laut. Sedangkan di jalur darat, menyediakan transportasi menuju Balikpapan dan Banjarmasin. Dengan total biaya sebesar Rp 1,65 Milyar.

Pada kesempatan itu, Bagya memohon doa dan dukungan dari masyarakat Bontang agar Pupuk Kaltim dapat beroperasi dengan baik dan lancar sehingga dapat memberi manfaat yang lebih besar lagi.

"Mudah-mudahan mudik ini berjalan lancar, pemudik mendapat kenyamanan berkat sinergi BUMN. Semoga para pemudik diberi kesehatan dan keselamatan sampai tiba ditujuan masing-masing untuk merayakan Idul Fitri," harapnya.

Hadir dan turut melepas keberangkatan tahap dua, Mudik Bareng BUMN 2019 bersama Pupuk Kaltim. Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase sangat mengapresiasi adanya program ini.

"Terima kasih PT Pupuk Kalimantan Timur yang sudah dua tahun ini melaksanakan Mudik Gratis bagi masyarakat Bontang," tuturnya.

Wawali Basri berharap agar program ini terus terlaksana agar masyarakat dapat merasakan keberadaan Pupuk Kaltim ditengah-tengah masyarakat.

"Mohon menjaga ketertiban dan keamanan selama di kapal. Kita berangkat dengan selamat dan kembali dengan selamat," pesannya.

Di waktu sama, salah satu peserta mudik gratis bareng BUMN ini turut menyampaikan ungkapan syukurnya. Syahrul, warga RT 11 Kelurahan Lok Tuan mengaku telah lama tidak menyambangi kampung halamannya.

"Sudah 8 tahun ini belum ada pulang. Alhamdulillah, kali ini bisa mudik bersama istri dan 4 orang anak dibantu Pupuk Kaltim," ungkapnya sesaat sebelum momen pelepasan mudik gratis tahap dua dimulai.

Hal senada juga diungkapkan Nurlia, Warga RT 15 Kelurahan Lok Tuan. Bantuan mudik gratis ini diakuinya sangat berarti bagi keluarganya. Meringankan beban untuk membeli tiket transportasi laut sebagai akomodasi utama menuju kampung halaman.

"Mudah-mudahan setiap tahun ada mudik gratis seperti ini," harapnya.(inforial)

Reporter : Darwin Tri    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0