19 November 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

OPINI: Sumber Daya Manusia dan Daya Saing


OPINI: Sumber Daya Manusia dan Daya Saing
Penulis Dobi Rizami.

PERADABAN kemajuan suatu Bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia dalam penguatan daya saing, baik lokal, nasional maupun global. Bentuk persaingan berbagai macam pandangan di bidang sumber daya manusia dan daya saing trus berkompetisi seiring dengan kemajuan teknologi.

Ketersediaan sumber daya manusia selalu menjadi pengkajian dalam hal unggul merebut daya saing. Sumber daya manusia dapat menjadikan suatu bangsa maju, apabila dapat memenuhi standar kompetensi untuk bersaing. Sebaliknya, apabila sumber daya manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan standar, maka hal ini akan menjadi beban proses kemajuan suatu bangsa untuk masuk dalam persaingan.

Berbagai macam tantangan dalam merebut daya saing dihadapkan untuk menjadi unggul sumber daya manusia yang berkompetensi. Di era industri 4.0, peran sumber daya manusia dalam penguasaan teknologi sangat menentukan peradaban kemajuan suatu bangsa.

Dalam roadmap Making Indonesia 4.0, salah satu program prioritasnya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, sebab talen menjadi kunci atau faktor penting untuk kesuksesan implementasinya Industri 4.0 (Mentri Perindustrian /Airlangga Hartarto).

Kesempatan pengembangan peningkatan sumber daya manusia di sektor manufaktur untuk memiliki pengetahuan keahlian yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini, yang di perlukan peningkatan keterampilan (up skilling) atau pembaharuan keterampilan (reskilling) berdasarkan kebutuhan tenaga di dunia industri.

Mathis dan Jackson (2006 H.3) bahwa sumber daya manusia merupakan suatu rancangan dari berbagai sistem formal pada sebuah organisasi dengan tujuan memastikan penggunaan dari keahlian manusia secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Merujuk pandangan tersebut, apapun bentuknya organisasi formal, non formal ataupun perorangan sangat ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia yang unggul, berkompetensi, dan memiliki keterampilan (soft skill) untuk mencapai tujuan yang diinginkan sehingga berdaya guna dan berhasil guna serta unggul dalam dalam daya saing.

Tidak ada istilah terlambat dalam Peningkatan sumber daya manusia guna memenuhi standar. Saat ini, kita harus berupaya, bekerja keras, berkomitmen kuat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan (soft Skill), baik melalui pendidikan/pelatihan formal maupun non formal yang berorientasi kebutuhan untuk mengimplementasikan industri 4.0

Daya saing adalah tingkat produktivitas yang diartikan sebagai output yang dihasilkan oleh suatu tenaga kerja (Michael Porter 1990). Daya saing adalah suatu keunggulan, pembeda dari yang lain yang terdiri dari comparative advantage (faktor keunggulan kompetitif (Tambunan 2001). Daya saing adalah kesanggupan kemampuan dan kekuatan untuk bersaing (Brata Atmaja 1994).

Pada prinsipnya, daya saing untuk memberikan output hasil tenaga kerja yang memiliki keunggulan pembeda dengan yang lain. Keunggulan yang kompetitif dapat memberikan kekuatan untuk bersaing. Peran sumberdaya manusia yang berkualitas sangat menentukan keunggulan meraih daya saing, baik lokal, nasional, maupun global.

Dengan demikian, manajemen sumber daya manusia dapat memenuhi  kriteria keunggualan bersaing. Untuk menuju persaingan, diperlukan perhatian lebih dalam hal peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, baik formal maupun non formal.

Sesuai dengan peran Pemerintah Pusat, rencana untuk merombak kurikulum pendidikan dengan lebih menekankan pada bidang science, technologi, engineering, arts dan mathematick (STEAM). Selain itu, fokus pada peningkatan kualitas pendidikan vokasi seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Politeknik.

Semoga apa yang menjadi perencanaan dapat diimplementasikan dan menjadi hasil karya mewujudkan sumber daya manusia yang handal profesional, berintegritas, dan berkualitas agar dapat bersaing di tingkat lokal, nasional, dan global di era industri 4.0.

Peningkatan sumber daya manusia merupakan peran seluruh elemen bangsa, baik Pemerintah, Swasta, maupun Masyarakat untuk berkomitmen dan bekerja keras mengejar pengetahuan berdaya saing wujudkan peningkatan ekonomi berbasis pengetahuan dengan penguatan sumber daya manusia. (Penulis: Dobi Rizami, Staf Pelaksana Sekretariat Derah Kota Bontang)

Reporter :     Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0