19 Agustus 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

5 Cara Atasi Kurang Tidur selama Bulan Puasa


5 Cara Atasi Kurang Tidur selama Bulan Puasa

KLIKBONTANG.com -- Sebagian dari kita sulit untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Entah karena padatnya jadwal pekerjaan, entah karena memang sulit tidur. Memasuki Ramadan, waktu tidur pun terasa semakin berkurang. 

Kamu harus bangun untuk mempersiapkan dan menyantap sahur agar puasa dapat berjalan dengan lancar dan penuh energi. Biasanya setelah sahur, kebanyakan orang nggak akan pergi tidur, melainkan melanjutkannya dengan aktivitas rutin setiap harinya, seperti bekerja atau sekolah. Karena itu, banyak yang terlihat mengantuk selama puasa.

Melansir dari The National, kurang tidur nggak hanya berdampak pada tubuh yang lebih mudah lelah. Kurang tidur pun dapat menyebabkan seseorang jadi lebih mudah sensitif serta mengganggu kelancaran puasa. Jadi, bagaimana untuk mendapatkan tidur yang cukup, terutama selama bulan Ramadan ini?

1. Tidur siang

Jika memungkinkan, ambil waktu istirahatmu dengan tidur siang. Mungkin dampaknya nggak sama seperti tidur malam, namun tidur siang dapat mengisi kekurangan tidur yang tubuhmu alami. Selain itu, melansir dari The Daily Star , tidur siang dapat membantu meningkatkan kecakapan kognitif, mengurangi kelelahan, dan rasa tersinggung, serta membuatmu merasa lebih baik.

2. Gunakan filter blue light

Aktivitasmu sepanjang hari harus menghadap ke layar komputer? Coba gunakan filter blue light. Filter ini membantu mencegah mata dari ketegangan serta membantumu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. 

Blue light diketahui secara negatif memengaruhi kimia zat yang dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Jadi dengan menggunakan blue light filter, kamu dapat mengurangi dampak cepat lelah yang diakibatkatkan dari memandang layar seharian. Kamu bisa menggunakan aplikasi filter atau menggunakan filter asli secara fisik.

Namun jika benar-benar butuh tidur, sangat disarankan untuk mematikan lampu dan berbaring sembari memejamkan mata, sekalipun kamu nggak bisa tidur.

3. Nggak tidur sampai sahur

Jika nggak bisa tidur setelah bangun sahur atau sering terbangun ketika tidur, coba untuk terjaga sampai sahur dan tidur setelahnya. Ini adalah alternatif yang bisa dilakukan jika kamu benar-benar nggak bisa tidur. Namun, kamu juga bisa melakukan tips ini dibarengi dengan tidur siang untuk melihat jika cara ini berdampak baik untukmu. Pastikan situasi dan kondisimu mendukungmu untuk dapat tidur dengan nyaman setelah sahur.

4. Tidur lebih awal

Cara lainnya, coba untuk tidur lebih awal dari jam biasanya. Setelah salat tarawih dan menyelesaikan berbagai tugas, segera bergegas tidur. Cara ini membantumu untuk mendapatkan tidur yang lebih lama sebelum memasuki waktu sahur. Jika harus kerja atau belajar, coba alihkan waktu itu setelah sahur.

5. Menjaga pola makan

Pola makan turut memengaruhi kualitas tidur yang kamu miliki, Bela. Kebanyakan orang mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat dan gula setelah berbuka. Tipe makanan seperti ini akan mengganggu kualitas tidur karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencernanya.

Juga, hindari makanan pedas dan berminyak. Makanan-makanan seperti ini dapat menimbulkan rasa nggak nyaman pada perut, yang dapat mengganggu tidur di malam hari. Makanan asin dan diproses dapat membuat dehidrasi sehingga membuatmu merasa haus setelah bangun tidur. Selain itu, jauhi minuman atau makanan mengandung kafein karena dapat mencegahmu dari rasa mengantuk dan keinginan untuk tidur.

Kurang tidur nggak hanya bikin tubuh jadi lebih cepat lelah dan aktivitas menjadi terhambat, tetapi juga mengganggu kelancaran berpuasa. Jika merasa kekurangan tidur selama berpuasa, coba lakukan beberapa tips ini, Klikers!

 

Reporter : Inara Dafina | Berbagai Sumber    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0