16 Juni 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pasar Murah di Bontang; Paket Sembako Senilai Rp180 Ribu Dijual 115 Ribu


Pasar Murah di Bontang; Paket Sembako Senilai Rp180 Ribu Dijual 115 Ribu
Penyerahan secara simbolis paket sembako Pasar Murah Pemkot Bontang.

KLIKBONTANG.com -- Pemkot Bontang melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UMKM) menggelar pasar murah yang diperuntukkan bagi rumah tangga miskin (RTM) di Bontang. Kegiatan ini digelar di Lapangan MTQ, Jalan Parikesit, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Kamis (23/5/2019) pagi.

Sekretaris Diskop-UMKM Bontang, Karlina menjelaskan pasar murah ini bertujuan untuk menstabilkan harga menjelang Idulfitri. Sebab sejumlah bahan pokok acap naik jelang Lebaran. Selain itu, ini juga bertujuan untuk meringankan RTM di Bontang.

"Kalau mau Lebaran, harga barang pokok cenderung naik. Pasar murah ini diharapkan dapat meringankan beban warga tak mampu," ujarnya.

Adapun mekanisme pembagian sembako dilakukan berdasarkan kepemilikan kupon. Tiga hari lalu, kelurahan telah menyalurkan kupon kepada RTM yang dinilai laik mendapatkan paket sembako. Data miskin pun berdasarkan data yang dimiliki Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Mewakili Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Asisten I Administrasi Pemerintahan, M Bahri menuturkan. Melambungnya harga bahan pokok jelang hari raya Idulfitri menjadi hal yang repetitif. Digelarnya pasar murah untuk warga miskin, sedikit banyak diharap mampu mengurangi beban warga.

"Diharapkan tidak ada memonopoli kupon, atau dijual kembali. Dipergunakan dengan baik," ucapnya dalam menyampaikan sambutan.

Satu kupon dipegang warga, bernilai satu paket sembako. Dengan nilai Rp 115 ribu. Dalam paket tersebut terdapat 5 kg beras, 2 liter minyak, 2 kg tepung terigu, 2 kg gula pasir, dan satu piring telur. Jika dibandingkan dengan harga di pasaran mencapai Rp 180 ribu.

Sebagai informasi. Pasar murah dihelat selama 3 hari, mulai 23-25 Mei 2019. Yang mana, keseluruhan RTM yang memperoleh sembako murah ramadan 1440 Hijriah sebanyak 5.212.

Gelaran perdana pasar murah dihelat di dua titik, yaitu Lapangan MTQ dan Kelurahan Bontang Lestari. Hari kedua, dilakukan di Kecamatan Bontang Barat meliputi tiga kelurahan, titik selanjutnya di Kelurahan Satimpo, Tangjung Laut, dan Tanjung Laut Indah. Sedang di hari terakhir, tepatnya 25 Mei 2019. Pasar murah dibuka di Berbas Pantai, Berebas Tengah, Lok Tuan, dan Guntung. ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0