15 Oktober 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

689 Napi Lapas Bontang Diusulkan Dapat Remisi


689 Napi Lapas Bontang Diusulkan Dapat Remisi
Kepala Lapas Klas IIIA Bontang, Heru Yuswanto.

KLIKBONTANG.com -- Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIIA Bontang, Kalimantan Timur mengusulkan 689 warga binaannya menerima remisi di Hari Raya Idulfitri 2019.

Para napi ini sudah melalui masa hukuman selama 6 bulan dan berkelakuan baik selama di Lapas Klas IIIA Bontang diusulkan menerima pengurangan masa tahanan.

"Ini hak para warga binaan seluruhnya gratis tak ada bayar-bayar,” ujar Kepala Lapas Klas IIIA Bontang, Heru Yuswanto, Rabu (15/5/2019).

Pengusulan remisi ini terdiri dari tiga kelompok. Kelompok pertama remisi berdasarkan PP Nomor 99/2012 yang terbagi dalam dua golongan yakni warga binaan baru sebanyak 64 orang dan warga binaan lama sebanyak 325 orang.

Kedua, remisi berdasarkan PP Nomor 28/2006, remisi bagi narapidana baru dari kelompok ini tidak ada. Namun, bagi napi lama hanya ada 1 orang saja. “Aturan ini sekarang sudah ketat, itupun sebelum 2012,” ujarnya.

Sementara kelompok ketiga, remisi bagi narapidana bukan dari dua kelompok sebelumnya. Rata-rata pelanggaran untuk tindam pidana umum. Untuk kelompok ini, warga binaan baru yang menerima sejumlah 109 orang. Sedangkan napi lama berjumlah 190 orang.

“Biasanya pemberian remisi terealisasi 2 minggu sebelum Hari Raya Idulfitri, atau paling lambat satu minggu lah,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubsi Administrasi dan Orientasi Lapas Klas IIIA Bontang, Aliful Humam menambahkan untuk tahun ini para narapidana dari kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) tak satupun menerima remisi.

Syarat remisi bagi narapidana korupsi, mereka diwajibkan membayar uang pengganti dan denda sesuai vonis hukuman pengadilan.

Pun begitu, untuk narapidana Tipikor di Lapas Klas IIIA Bontang tak menerima remisi lantaran belum menerima surat keterangan sebagai Justice Collaborator (JC) dari penyidik.

“Mereka masih menunggu suket dari Penyidik,” ujarnya. **

Reporter : Said NR    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0