15 Oktober 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Inovasi Pos Kesehatan Bawa Berebas Tengah jadi Kelurahan Terbaik di Bontang


Inovasi Pos Kesehatan Bawa Berebas Tengah jadi Kelurahan Terbaik di Bontang
Lurah Mahfudz berfoto di depan Pos Kesehatan Kelurahan (Poskel) didampingi Bhabinkamtibmas Bontang Selatan, Rudy, dan Bidan yang menjaga Poskel. FOTO: KLIKBONTANG/FITRI

KLIKBONTANG.com -- Kelurahan Berebas Tengah berhasil menyabet juara satu lomba Kelurahan tingkat kota tahun 2019. Sekaligus berhak mewakili Kota Bontang tingkat provinsi.

Kepastian juara itu tertuang dalam berita acara rekapitulasi penilaian tahapan lomba kelurahan tingkat kota Bontang tahun 2019 Nomor 140/178/PEM-UM.B. Pada Jumat (3/5/2019), menetapkan Kelurahan Berebas Tengah meraih juara satu lomba kelurahan dengan perolehan nilai 1.130. Ditempat kedua bercokol Kelurahan Lok Tuan dengan nilai 1.105. Serta ketiga Kelurahan Gunung Telihan dengan nilai 905.

"Suratnya (Pengumuman lomba,red) belum lama datang. Alhamdulillah kami juara 1 lomba kelurahan tingkat kota Bontang tahun 2019," beber Lurah Berebas Tengah, Muhammad Mahfudz kala ditemui awak media di kantornya, Selasa (14/5/2019) pagi.

Lurah Mahfudz menjelaskan. Ada tiga kelurahan maju dalam kompetisi ini. Kelurahan Bontang Selatan diwakili Berebas Tengah. Bontang Utara diwakili Lok Tuan. Sedang Bontang Barat diwakilkan Gunung Telihan. Penentuan kelurahan yang berkompetisi di tingkat kota dilakukan, usai proses seleksi di tingkat kecamatan.

''Jadi dipilih dulu di tingkat kecamatan. Nah, dari sana kemudian satu kelurahan dipilih untuk maju di tingkat kota (Bontang),'' bebernya.

Setelah kelurahan di tingkat kecamatan terpilih. Selanjutnya, perwakilan kelurahan tersebut diadu di tingkat kota. Terdapat 3 tahapan lomba kelurahan di tingkat kota.

Pertama, seleksi administrasi. Kedua, verifikasi lapangan pada 25 April 2019 lalu. Terakhir, persentasi yang dilakukan oleh Lurah peserta lomba pada 2 Mei lalu. ''Seluruh tahapan lomba di tingkat kota memakan waktu sekitar satu bulan,'' jelasnya.

Terdapat 17 indikator penilaian yang ditetapkan dewan juri. Lurah Mahfudz tak mengingat seluruhnya secara rinci. Namun beberapa diantaranya ialah gambaran umum kelurahan. Administrasi atau kecakapan kelurahan dalam pelayanan publik. Inovasi dimiliki kelurahan. Serta hal-ikwal menyangkut masyarakat.

Semisal pendidikan, partisipasi warga dalam kegiatan kemasyarakatan, dan seberapa aktif organisasi di kelurahan, semisal PKK dan Karang Taruna dalam menjalankan programnya.

Dari ke-17 indikator penilaian, Berebas Tengah unggul di inovasi kelurahan. Yakni dengan adanya Pos Kesehatan Kelurahan (Poskel). Kata Lurah Mahfudz, di seluruh Bontang, hanya daerah kepemimpinannya itu yang miliki Poskel.

"Inovasi tiap kelurahan kan beda-beda. Nah kita punya Poskel. Didalamnya ada berbagai pelayanan kesehatan dasar masyarakat. Selain itu juga ada pelayanan Poskel Siaga bagi mereka yang hendak menikah. Itulah inovasi kami paling beda, yang peroleh nilai cukup tinggi," bebernya.

Atas keberhasilan Berebas Tengah meraih juara satu lomba kelurahan tahun 2019. Maka kelurahan ini bakal menjadi wakil Bontang di ajang serupa di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Tentunya kami bangga atas prestasi ini. Harapannya kami bisa memberikan pelayanan yang semakin baik lagi bagi masyarakat," pungkasnya. ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 1

  • kelly magdalena

    Ayo mainkan dan menangkan Uang jutaan Rupiah bersama kami di Main165.com
    banyak promo bonus dan Game nya terpopuler saat ini loh minimal DP hanya 20RB saja anda bisa main di semua permainan. Pelayanan cepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!!
    Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346

    kelly magdalena   03 Oktober 2019 - 09:22:00 WIB

AwalKembali 1 LanjutAkhir
Untuk mengirim komentar, silahkan login atau registrasi terlebih dahulu !