23 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pangkas Waktu, Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik


Pangkas Waktu, Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik
Yuliatinur.

KLIKBONTANG.com -- Demi mempercepat dan mempermudah kepengurusan dokumen. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bontang mulai menerapkan Tanda Tangan Elektronik atau TTE.

Kepala Dinas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bontang, Yuliantinur, menuturkan. TTE berlaku sejak awal Mei kemarin. Berlakunya TTE dalam penerbitan dokumen kependudukan diyakini dapat memangkas waktu tunggu, yang mengurus penerbitan dokumennya.

Dengan penerapan TTE. Diharapkan warga tidak perlu lagi menunggu kepala Dinas ada di kantor. Lantaran dokumen kependudukan bisa ditanda tangani oleh kepala dinas kapan pun dan dimana pun.

"Saat ini sedah banyak warga mengurus penerbitan dokumen kependudukannya sudah ditanda tangani secara elektronik," terang Yuliantinur beberapa waktu lalu kala disambangi di kantornya. Jalan Awang Long, Bontang utara, Bontang.

Menurutnya, dengan adanya TTE tersebut, dapat memangkas waktu pelayanan kepada penduduk, sehingga penerbitan dokumen maksimal empat menit setelah berkas dinyatakan lengkap bisa tercapai.

Selain lebih cepat, TTE dalam penerbitan dokumen kependudukan juga dapat meminimalisir terjadinya pemalsuan dokumen kependudukan. Melalui TTE, tanda tangan kepala dinas tidak muncul lagi di dokumen kependudukan tapi yang muncul berupa barcode.

Yuli mengaku senang dengan adanya, TTE sehingga dirinya dapat bekerja meskipun berada diluar kota atau pada saat rapat.

"Alhamdulilah kerjaan juga menjadi ringan, dan masyarakat juga terbantu, jadi ketika saya berada diluarkota KK, dan Akta bisa diterbitkan,"tandasnya. ***

Reporter : Fitri Wahyuningsih     Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0