16 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Langkah Mudah Cegah Bau Mulut saat Berpuasa


Langkah Mudah Cegah Bau Mulut saat Berpuasa
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KLIKBONTANG.com -- Klikers--sebutan pembaca KLIKBONTANG.com pasti pernah mengalami masalah bau mulut ketika berpuasa. Meski lawan bicara memaklumi kondis ini, tentu sangat tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri kala harus mengobrol dengan banyak orang.

Menggosok gigi tentu tak bisa dilakukan karena kamu sedang berpuasa. Ulama menghukuminya makruh jika melakukannya di siang hari. Nah, ada beberapa trik untuk mencegahnya. Tidak terlalu sulit, asal dilakukan dengan konsisten. Yuk, cari tahu.

1. Bersihkan sela-sela gigi setiap hari

Sahabat Dream mungkin sudah menyikat gigi secara rutin. Tapi, seberapa sering kamu membersihkan sela-sela gigi? Menyikat gigi kadang tidak bisa membersihkan kotoran yang menyangkut di sela gigi.

Gunakan benang gigi untuk membersihkannya. Saat wudhu, berkumurlah dengan cermat untuk membersihkan mulut.

2. Konsumsi buah yang renyah

Makanan sehat yang renyah seperti apel, seledri serta wortel memiliki permukaan keras dan mampu menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi. Tidak hanya itu, makanan jenis ini mampu menghilangkan bakteri pada gigi dan berfungsi sebagai sikat gigi natural.

3. Ganti kopi dengan jus

Minum kopi terkadang menyebabkan bau mulut. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam tinggi yang bereaksi dengan kadar alkali tubuh dan membuat bau mulut.

Kopi juga mampu mengikis lapisan terluar gigi, jadi hindari mengonsumsinya terlalu sering. Ganti dengan jus buah segar tanpa gula.

4. Bersihkan lidah

Faktanya, bakteri bisa menempel pada lidah dan menyebabkan bau mulut. Maka dari itu, bersihkan lidah secara rutin menggunakan sendok atau sikat gigi untuk menghilangkan bakteri maupun plak.

 

 

(Sumber: Misskyra)

Reporter : Inara Dafina     Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0