27 Mei 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Forum Jurnalis Bontang Sapa SMKN 1, Sharing Serunya Jadi Wartawan


Forum Jurnalis Bontang Sapa SMKN 1, Sharing Serunya Jadi Wartawan
Usai mengikuti seminar, Kepala SMKN 1 Bontang dan para siswa berfoto bersama anggota Forum Jurnalis Bontang.(KLIKBONTANG/FANNY)

KLIKBONTANG.com - Forum Jurnalis Bontang (FJB) "Goes to School" kali ini menyapa SMKN 1 Bontang, Kamis 18 April 2019. Seperti sebelumnya, agenda para pengurus organisasi wartawan Bontang ini dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan seputar jurnalistik kepada siswa.
 
Pada kesempatan itu, Edwin Agustyan selaku Ketua FJB pun membawakan materi tentang pengantar dasar ilmu jurnalistik. Menerangkan panduan menulis berita, prinsip-prinsip saat menulis, dan Anatomi Berita yang didalamnya terdapat 5 W+1 H. Mengupas metode mencari Sumber Berita, Reportase, Wawancara, dan Riset.
 
Tak kalah menarik, Sary Fioppiall selaku Sekretaris FJB pun menyampaikan materi terkait peliputan langsung atau live report berbasis Television (TV). Bahkan mengajak mereka mempraktekkan menjadi seorang reporter saat melaporkan sebuah peristiwa.
 
Para siswa pun begitu antusias menyimak pemaparan para pemateri. Mereka terdiri dari Kelas X dan XI Jurusan Analis Kimia dan beberapa perwakilan jurusan seperti Kimia Industri, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Otomasi Industri, dan Teknik Permesinan.
 
Edwin Agustyan menjelaskan kegiatan ini ialah bentuk kepedulian FJB terhadap para pembaca setia media cetak, online dan elektronik yang ada di Kota Bontang. Khususnya para pelajar yang perlu pengenalan mendalam tentang dunia jurnalis.
 
"Kami ingin masyarakat juga lebih kritis. Sebagai seorang pelajar, temen-temen disini juga harus cermat menghadapi isu-isu yang berkembang di masyarakat," ujarnya.
 
Atas dasar tersebut, Forum Jurnalis Bontang ingin membagikan ilmu terkait pemberitaan sebuah kejadian dan pendalaman sebuah informasi. Sekaligus memberi pencerahan bagaimana membedakan berita hoax dan berita real.
 
"Sekolah tempat kita mendapatkan ilmu, maka galilah ilmu sebanyak mungkin. Tidak menutup kemungkinan, temen-temen yang ada disini akan menjadi jurnalis," ajak Edwin.
 
Sementara itu, Kepala SMKN 1 Bontang, Kasman Purba turut mengapresiasi agenda "FJB goes to School". Momen ini ialah kesempatan terbaik bagi para siswa mengenal dunia jurnalis.
 
"Tugas sekolah secara umum mempersiapkan kalian dimasa yang akan datang,  bagaimana kalian nantinya, tergantung cara kalian menyesuaikan diri," ucapnya.
 
Berbicara jurnalis, Kasman menyebut erat kaitannya dengan pemberitaan. Apabila akan menjadi jurnalis, maka beritakanlah apa yang harus diberitakan. Sehingga, masyarakat dapat menerima informasi yang benar sesuai realita. 
 
Ia mengajak para siswa agar tidak terlalu cepat menyimpulkan sebuah informasi yang beredar, khususnya di media sosial. Dikarenakan saat ini tak sedikit informasi yang harus ditelusuri kebenarannya. Pastikan terlebih dahulu informasi yang  diterima merupakan sesuatu yang benar sebelum membagikannya.
 
"Terima kasih karena FJB berkesempatan memberi pencerahan dan berbagi ilmunya kepada temen-temen di SMKN1 Bontang," kesannya.(*)
 
Reporter : Darwin Tri    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0