16 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kontroversi Mobil Dinas Rp1,9 M Bupati Pandeglang


Kontroversi Mobil Dinas Rp1,9 M Bupati Pandeglang
Bupati Pandeglang Irna Narulita (Foto: Instagram/irnadimyati)

KLIKBONTANG.com -- Pos anggaran untuk mobil dinas bupati Pandeglang, Jawa Barat, menuai kritik. Toyota Land Cruiser Prado 3.000 cc itu seharga Rp1,9 miliar. Pengadaan mobiluntuk urusan pekerjaan Irna Narulita (48) itu melalui penunjukan langsung.

Anggota DPRD Provinsi Banten asal Pandeglang, Thoni Fathoni Mukson, dua hari lalu berpendapat, pembelian mobil dinas kurang tepat waktunya, karena mengoyak rasa keadilan masyarakat yang terdampak tsunami dan mengoyak masyarakat yang mendambakan infrastruktur jalan yang baik."
Apa saja masalah mobil dinas bupati itu?

  • Para penentang menganggap mobil itu terlalu mewah karena pendapatan asli daerah Pandeglang dalam APBD 2019 hanya Rp215,37 miliar, kalau ditambah pendapatan lain jadi Rp2,56 triliun, tapi belanja daerah mencapai Rp2,65 triliun, sehingga tekor Rp88,80 miliar.
  • Kriteria mobil mewah ternyata belum diterima bulat kalangan industri otomotif. Apakah hanya berdasarkan harga Rp1 miliar ke atas? Atau ukuran mesin 3.000 cc ke atas, seperti kriteria pemerintah? Tahun lalu Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto mengingatkan, mobil berkapasitas di bawah 3.000 cc juga bisa bertenaga kuat sehingga mahal.
  • Payung untuk pengadaan kendaraan dinas ada dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 7 Tahun 2006. Tersebutkan di sana tiga macam kendaraan dinas: untuk perorangan dinas, dinas operasional/dinas jabatan, dan dinas operasional khusus/lapangan. Jenis pertama, kendaraan perorangan dinas, untuk bupati dan wali kota, terdiri atas sedan (maksimum 2.500cc) dan SUV (maksimum 3.200 cc). ***
Reporter : Inara Dafina    Editor : Said NR



Comments

comments


Komentar: 0