15 Oktober 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Rumuskan Beasiswa 2019-2020, Pupuk Kaltim Ajak Pemkot dan Sekolah Berdiskusi


Rumuskan Beasiswa 2019-2020, Pupuk Kaltim Ajak Pemkot dan Sekolah Berdiskusi
Suasana sosialisasi dirangkai dengan diskusi yang dipimpin Manager Departemen CSR Pupuk Kaltim, Dwi Pudji Asmoro.(KLIKBONTANG/Darwin)

KLIKBONTANG.com -- Faktor finansial masih menjadi kendala terhambatnya pemenuhan hak pendidikan secara menyeluruh bagi masyarakat, khususnya warga miskin. Padahal, tak sedikit dari mereka yang kurang beruntung dalam hal ekonomi tersebut memiliki potensi di dunia pendidikan.

Fenomena tersebut menjadi motivasi bagi Pupuk Kaltim untuk membantu anak-anak di wilayah bufferzone perusahaan mendapatkan pendidikan secara layak. Melalui program Corporate Social Responsbility (CSR), produsen pupuk bertaraf internasional ini pun membuat program berlabel "Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan" dan telah berjalan sejak 2007 silam.

GM Umum Pupuk Kaltim, Nur Sahid menyebut perusahaan berkomitmen terus mendukung perkembangan dunia pendidikan di Kota Bontang melalui program ini. Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam pengembangan SDM dengan memberikan bantuan bagi masyarakat kurang mampu melanjutkan pendidikan bagi putra-putri mereka secara berjenjang.

"Program beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan mencakup jenjang SD, SMP, SMA hingga jenjang Perguruan tinggi. Bersinergi dengan Sekolah Yayasan Pupuk Kaltim," ungkap Sahid saat Sosialisasi Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan tahun ajaran 2019-2020 di Ruang Meranti, Kantor Utama Pupuk Kaltim, Rabu 13 Maret 2019.

Program ini bertujuan memberi kesempatan kepada siswa berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial. Selain itu, sebagai upaya mengurangi jumlah anak putus sekolah serta mendukung program smart city. Sekaligus, mewujudkan jargon Bontang JAGO (Juara, Aktif, Global dan Optimis).

Dengan adanya program ini, lanjut sahid, orang tua penerima bantuan tidak perlu lagi mencemaskan biaya pendidikan anak mereka yang semakin hari kian meningkat. Pupuk Kaltim berkomitmen memberikan fasilitas dan menanggung berbagai macam biaya selama menempuh pendidikan.

"Kami minta orang tua siswa terus mendukung penuh anak mereka agar dapat berprestasi. Usahakan anak-anak bisa belajar secara maksimal, berhasil meraih berbagai prestasi di sekolah, daerah, hingga nasional," pesannya.

Bahkan, mampu mengukir sejarah taraf internasional seperti ananda Faizal Husni Sahid yang berhasil menjadi Duta Fisika Indonesia dalam ajang Asia Physic Olympiad (APHO) ke-18 di Rusia. Alumnus Yayasan Pupuk Kaltim itu diketahui saat ini tengah melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung.

Pemerintah Kota Bontang pun mengapresiasi yang sangat tinggi atas kepeduliaan Pupuk Kaltim yang selalu berpartisipasi meningkatakan kesejahteraan masyarakat. Misalnya melalui bantuan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu khususnya yang berdomisili di wilayah bufferzone perusahaan.

"Alhamdulillah, salah satu pelajar dari program Beasiswa Pupuk Kaltim yang melanjutkan pendidikan di ITB pada kelulusan SMA tahun 2013 lalu, tahun ini diketahui telah menjadi bagian dari Kementerian Ketenagakerjaan yang berkantor di Jakarta," ucap Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Bontang, Badi saat menyampaikan sambutan.

Menurut Badi, hal tersebut menjadi salah satu bukti keberhasilan program beasiswa yang digarap oleh Pupuk Kaltim. Di samping kesuksesan lain yang sudah berhasil didapatkan oleh para alumnus penerima beasiswa.

Ia berharap agar program ini dapat terus berkesinambungan. Membantu warga Bontang sekaligus mewujudkan Bontang Smart City. Badi berpesan agar penerima program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan dapat dimanfaatkan oleh penerima bantuan dengan sebaik-baiknya.

Senada, salah satu sekolah yang telah menerima manfaat bantuan ini bagi anak didiknya pun berharap agar program ini terus berlanjut. Ia mengaku, siswa mendapat bantuan biaya meliputi berbagai hal penunjang pendidikannya. Seperti bebas biaya sekolah, bantuan seragam hingga transportasi.

"Ada empat anak didik kami yang telah mendapat bantuan ini. Di tahun 2016 ada dua orang, kemudian 2018 ada dua orang. Melanjutkan pendidikan tingkat SD di Yayasan Pupuk Kaltim," ucap Sugianto yang berasal dari PAUD dan TK Terpadu Nurul Fattah.

Sekedar informasi, beberapa persyaratan program beasiswa ini diantaranya ialah siswa harus berdomisili di wilayah hukum Bontang tepatnya di Kelurahan Guntung dan Loktuan, memiliki kartu miskin/KIP/Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan dan kecamatan, surat rekomendasi sekolah hingga beberapa penghargaan yang berhasil diraih atas prestasinya. ***

Reporter : Darwin Tri    Editor : Said NR



Comments

comments


Komentar: 0