16 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

110 BUMN Buka 11.000 Lowongan Kerja


110 BUMN Buka 11.000 Lowongan Kerja
Pencari kerja mengisi formulir kerja saat digelar BUMN Career Opportunity pada IBDExpo 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/10). | Zabur Karuru /Antara Foto

KLIKBONTANG.com -- Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka lowongan kerja untuk berbagai posisi. Program yang dibuka hingga 17 Maret 2019 ini menyediakan 11.000 posisi di 110 perusahaan negara.

Dalam perekrutan ini ada tiga jalur yang bisa diikuti; jalur reguler, disabilitas, dan warga Kawasan Timur Indonesia (KTI). Rekrutmen reguler mencari putra-putri terbaik Indonesia lulusan SLTA (SMA & SMK), Diploma (D1-D4), dan Sarjana (S1 dan S2) untuk membangun karier, serta mengembangkan kreativitas dan inovasi bersama di BUMN.

Untuk disabilitas, tingkat pendidikan pelamar yang dicari sama dengan reguler. Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro, dikutip CNBC Indonesia, menyebut ada 1.000 posisi khusus untuk penyandang disabilitas.

"Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas untuk berkarir di perusahaan milik negara," kata Imam.

Sementara, rekrutmen KTI dikhususkan untuk warga daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur. Mereka akan ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau seluruh wilayah kerja BUMN sesuai dengan kebutuhan masing-masing perseroan.

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, Herdy Rosadi, menjelaskan Program Perekrutran Bersama ini didasari pada program prioritas Nawacita Presiden Joko 'Jokowi' Widodo untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing di pasar internasional.

"Arahan Presiden Jokowi bahwa infrastruktur yang sudah dibangun besar-besaran sudah cukup bagi Indonesia untuk bisa bersaing dengan negara lain. Jadi tahun 2019 ini pemerintah lebih fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM)," kata Herdy dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (9/3/2019).

Herdy, yang juga menjabat sebagai Direktur Human Capital Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, berharap melalui rekrutmen ini BUMN bisa menjaring anak-anak muda yang inovatif, kreatif, profesional dan dapat menjadi agen perubahan.

Cara mendaftar

Pendaftaran untuk mengikuti Program Perekrutan Bersama BUMN sudah dapat dilakukan melalui http://rekrutbersama.fhcibumn.com. Herdy menyebutkan, minat masyarakat cukup tinggi dan tercatat sudah ada 104.000 orang pelamar.

"Jangan lupa, isi hal-hal yang diminta di situ. Alamat, identitas. Nah begitu lengkap. Nanti di email akan diberi tahu kapan tesnya ," ungkap Herdy

Tak hanya pendaftaran yang dilakukan terpusat, lanjut dia, FHCI juga menggelar seleksi bersama yang dilakukan serentak untuk pelamar yg mendaftar disaat yang sama dengan sistem online.

"Berbeda dengan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang harus mendatangi lokasi, ini bisa dikerjakan di rumah mereka masing-masing, lewat online test di situ," jelas dia.

Herdy juga mengungkapkan kisi-kisi soal pada seleksi awal tersebut yaitu seputar BUMN values yang meliputi integritas, profesionalisme, wawasan kebangsaan, inovasi hingga sinergi BUMN.

"Nah itu dibuat dalam soal-soal. Kemudian ada tes kemampuan dasar. Mirip psikotes bagi yg telah lulus tes BUMN values tersebut. Setelah mereka lulus dua tahap tersebut baru dikabari kapan tes selanjutnya oleh BUMN masing-masing," jelas dia.

Direktur Eksekutif FHCI, Sofyan Rohidi, menambahkan para pelamar harus mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan saat mendaftar. Dokumen tersebut sama seperti rekrutmen pada umumnya, yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, hingga Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Lebih lanjut, ia menjelaskan persyaratan pendaftaran lainnya juga terkait dengan usia. Bila pendidikan terakhir SMA maka usia pendaftaran maksimal 22 tahun, untuk pendidikan D-III usia dibatasi 24-25 tahun, dan pendidikan S1 usia maksimal 28 tahun. ***

Reporter : Inara Dafina    Editor : KLIKGROUP



Comments

comments


Komentar: 0