14 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kecamatan Bontang Utara Sosialisasikan Prosedur Pelaksanaan Produta


Kecamatan Bontang Utara Sosialisasikan Prosedur Pelaksanaan Produta
Camat Bontang Utara Zemmy Hasz (empatdari kiri) menyampaikan sambutan di kegiatan soialisasi Program Dua Ratus Juta (Produta) di Taman Auditorium 3 Dimensi, Rabu (31/10/2018) malam.

KLIKBONTANG.com – Kecamatan Bontang Utara menggelar sosialisasi Program Dua Ratus Juta (Produta) untuk RT di Taman Auditorium 3 Dimensi, Rabu (31/10/2018) malam. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyampaikan prosedur pelaksanaan program.

Sebagai informasi, dana yang dikucurkan melalui program dimanfaatkan untuk program penataan lingkungan pemukiman dan pengembangan ekonomi kreatif dalam bentuk pinjaman modal usaha. Program ini juga berjalan melalui partisipasi masyarakat.

Camat Bontang Utara Zemmy Hasz menyampaikan bahwa Sosialisasi Produta memang dilaksanakan pada akhir tahun, mengingat proses realisasi Produta memakan waktu yang lama.

“Proses untuk Produta ini memang agak alot, karena kita harus lebih berhati-hati dalam menggelar kegiatan, itu supaya kita tetap menjalankan sesuai regulasi dan jangan sampai melanggar aturan,” ujar Zemmy Hasz dalam sambutannya.

Lewat program ini setiap RT telah mendapatkan anggaran sebesar Rp 10 juta, kemudian menyusul tahun ini sebanyak Rp 15 juta. Kemudian akan diberikan sebanyak Rp 200juta Pada 2019. Sedangkan untuk penggunaannya, Rp 100 juta dimanfaatkan sebagai dana taktis untuk modal usaha, selebihnya untuk peningkatan fasilitas dan infrastruktur. 

Dia juga menyampaikan, setiap kegiatan yang dijalankan lewat program ini dimaksudkan untuk mendukung terwujudnya Smart City, Green City, dan Creative City. Kegiatan yang digolongkan untuk mendukung Smart City berupa pembangun atau perbaikan posyandu, perpustakaan RT, dan pengadaan buku, pengadaan sarana/prasarana olahraga, pengadaan internet/wifi gratis pada fasilitas umum RT, serta pengadaan closed circuit television (CCTV) jalan/lingkungan. 

Sementara untuk Green City, setiap RT dapat mengadakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah lingkungan berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recyle), pembuangan atau perbaikan tempat pembuangan sampah sementara, pembuatan lubang biopori dan pemberian bibit tanaman, pembuatan taman RT, bahan pemeliharaan tanaman, pengecatan gang/trotoar RT/fasilitas umum lainnya, jamban sehat keluarga/jamban komunal/septic tank komunal/IPAL komunal, pembangunan atau perbaikan jalan, serta pemasangan lampu penerangan jalan. Selain itu masih banyak alternatif lain yang bisa menjadi prioritas pilihan RT untuk dilaksanakan. 

Opsi untuk misi Creative City ada beberapa kategori, yakni pinjaman modal bagi pelaku usaha mikro (penguatan modal untuk pelaku usaha mikro), usaha budidaya perikanan, pertanian dan peternakan usaha rumah pangan. 

Untuk pembangunan tidak semua kategori kegiatan bisa dilaksnakan sekaligus, ini dilakukan untuk menyesuaikan ketersediaan anggaran. Kendati demikian Camat Bontang Utara tetap berharap Produta dapat berjalan dengan baik dan sesuai perencanaan.

“Selain sosialisasi, momen ini juga menjadi ajang silaturahmi antara pemerintah dengan para ketua RT,” katanya. (*)

Reporter : Alpiana    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0