14 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ketua DPRD Samarinda Pakai Uang Penipuan untuk Nyaleg


Ketua DPRD Samarinda Pakai Uang Penipuan untuk Nyaleg
Ketua DPRD Samarinda Alphad Syarif. (Foto: Facebook/@KomisiiVSamarinda)

KLIKBONTANG.COM - Bareskrim Polri menahan Ketua DPRD Samarinda Alphad Syarif terkait kasus penipuan dan penggelapan. Karopenmas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan penipuan tersebut terjadi saat Alphad belum menjabat sebagai anggota DPRD Samarinda.

Uang hasil penipuan diduga habis digunakan oleh Alphad untuk nyaleg. “Iya, jadi lagi nyaleg dan sebelum jadi Ketua DPRD. Makanya enggak dikembalikan,” ucap Dedi di Gedung Humas Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/10).

Dedi menjelaskan, pada 8 September 2013, Alphad menjanjikan korban bernama Agus Salim bisa membantu memenangkan sengketa tanah di PN Samarinda. Alphad mengatakan kepada korban bahwa telah ada pihak yang ingin membeli tanah tersebut usai sengketa selesai.

Alphad kemudian meminta dana sebesar Rp 15 miliar dan disanggupi korban. Namun dalam perjalanannya, Alphad tak menepati janjinya. Korban malah mengurusi sengketa tanah tersebut sendiri.

"Kasusnya tetap bergulir di Pengadilan Perdata Samarinda. Kasus tersebut masih dalam status quo, sengketa,” tambah Dedi.

Korban yang merasa telah ditipu oleh Alphad lantar melapor ke Bareskrim Polri. Dedi menjelaskan Alphad sebenarnya sudah dipanggil sebanyak dua kali oleh penyidik Bareskrim. Namun, tidak satupun dipenuhi oleh Alphad dengan alasan yang jelas.

Ketika akan dijemput paksa, Alphad diketahui telah berada di Singapura. “(Penyidik) Tipidter koordinasi dengan KBRI di sana. Tangkapnya nunggu beliau dari Singapura ke Jakarta, (akhirnya) ditangkap di Bandara Soetta,” kata Dedi.

Alphad ditangkap pada 19 September 2018, setelah ia kembali dari Singapura. Saat ini Alphad telah ditahan di Bareskrim Polri. (*)

Reporter : Omar NR     Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0