19 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bidik Proper Emas Lagi, Pupuk Kaltim Gelar Training Komunikasi Efektif


Bidik Proper Emas Lagi, Pupuk Kaltim Gelar Training Komunikasi Efektif
Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim, Meizar Effendi menyematkan ID-Card kepesertaan sebagai tanda dimulainya Training Komunikasi Efektif di Inkubator Bisnis Permata Bunda, Kamis 11 Oktober 2018.(KLIKBONTANG/FANNY)

KLIKBONTANG.COM - PT Pupuk Kaltim bersama Tim Trainer dari Sekolah Public Speaking Bota menggelar Training Komunikasi Efektif di Inkubator Bisnis Permata Bunda, 11-12 Oktober 2018. Kegiatan ini digelar sebagai upaya perusahaan kembali meraih penghargaan Proper Emas di bidang lingkungan, efisiensi energi serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Seperti diketahui, Proper atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan merupakan salah satu upaya Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk mendorong penataan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Proper Emas merupakan proper terbaik, yang berarti perusahaan telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim, Meizar Effendi menjelaskan komunikasi efektif sangat penting dimiliki bagi setiap individu. Dikarenakan, inter personal skill tersebut menjadi sebuah keahlian dalam menyampaikan informasi agar dapat diterima dengan baik oleh orang lain.

"Kami menyampaikan apresiasi atas terselenggarakannya pelatihan ini kepada bapak-ibu sebagai mitra binaan Pupuk Kaltim. Dengan tujuan bagaimana meningkatkan kualitas anda dapat berkomunikasi dengan baik," ucapnya saat membuka pelatihan, Kamis 11 Oktober 2018.

Ketika seseorang dapat berkomunikasi secara efektif, lanjut Meizar, akan berdampak pemahaman baik dari lingkungan di sekitar atas berbagai hal yang sudah dilakukan perusahaan kepada masyarakat. Jika tidak belajar cara berkomunikasi menyampaikan informasi dengan baik kepada masyarakat, tentu akan kesulitan mencapai tujuan bersama.

Meizar berharap, mitra binaan selaku peserta pelatihan kali ini dapat meneruskan informasi kepada masyarakat di sekitarnya terkait hal-hal yang sudah disampaikan Pupuk Kaltim dan apa yang sudah dilakukan mitra binaan. Sehingga, mitra binaan perusahaan akan terus tumbuh menjadi Local Hero bagi lingkungan disekitar.

"Dalam rangka penilaian Proper Nasional, kita akan kedatangan tim verifikasi proper yang akan mengunjungi beberapa mitra binaan perusahaan. Komunikasi yang efektif berperan penting bagaimana menyampaikan tentang apa yang sudah didapat dan peroleh dari Pupuk Kaltim. Kami berharap mitra binaan dapat mendukung upaya perusahaan agar mendapat hasil lebih baik. Karena, dampaknya juga akan dirasakan oleh masyarakat di sekitar perusahaan," tuturnya. 

Diakhir sambutan, Meizar pun memohon doa dan dukungan kelancaran berjalannya operasional produksi Pupuk Kaltim. Sehingga, mampu meningkatkan kinerja perusahaan yang dapat meningkatkan porsi masyarakat sekitar khususnya bagi mitra binaan.

Semantara itu, Ketua Panitia Training Komunikasi Efektif Pupuk Kaltim menyebut pelatihan ini adalah bentuk upaya PT Pupuk Kalimantan Timur untuk membekali rekan-rekan Penggiat dan pemberdaya. Peserta pelatihan terdiri dari sebanyak 31 orang mitra binaan perusahaan dari berbagai kelompok atau program Corporate Social Responsbility (CSR) Pupuk Kaltim.

Tujuannya, agar ke depan dapat lahir Local Hero yang tidak hanya mampu bergerak dan menggerakan perubahan di lingkungan sosialnya, namun juga mampu memberi inspirasi dan dampak yang lebih luas melalui buah pikir serta kemampuan komunikasinya.

"Pelatihan ini di agendakan selama dua hari. Selain itu, akan dilakukan pendampingan serta Monev Personal sepanjang bulan Oktober 2018,'' ujar Nikita Andriani.

Ia menjelaskan, pelatihan ini di provide sepenuhnya oleh tim Trainer dari Sekolah Public Speaking Bota. Sebagai informasi, sekolah ini dipimpin Anggi V. Goenadi selaku Master TrainerPublic Speaking Bota adalah lembaga training yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi khususnya dibidang public speaking dan komunikasi. Lembaga pendidikan ini juga menjadi bagian dari lini usaha Inkubator Bisnis Permata Bunda yang juga sebagai salah satu binaan unggulan Pupuk Kaltim.

Di tempat sama, Anggi V Gionadi mengungkapkan harapannya agar melalui pelatihan ini sinergi antara Pupuk Kaltim bersama binaan menjadi lebih baik.

"Selama dua hari kedepan dan 1 bulan ini kita melakukan pendampingan. Konteksnya bukan belajar seperti antara guru dan murid. Lebih banyak sharing, belajar praktek bersama, supaya tujuan akhir kita usai pelaksanaan program ini, Pupuk Kaltim dapat meraih proper emas kembali," ucap Anggi.

Dijelaskannya, Bota awalnya terlahir dari para relawan atau volounteer yang ingin membuat peluang kerja bagi alumni Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB Permata Bunda. Para Trainer tersebut adalah orang-orang yang memiliki keahlian dibidang komunikasi dan public speaking. Melalui kelas Public Speaking Intensif, hingga saat ini Bota sudah meluluskan sekitar 20 angkatan. Anggi pun berharap pembekalan keterampilan komunikasi ini dapat dipahami dan dikuatkan oleh para peserta.

"Peduli itu penting tapi nyatanya tidak cukup, peduli ditambah menginspirasi sehingga dampaknya meluas itu yang lebih penting. Salah satu poin utama adalah bagaimana niatan temen-temen bergerak jadi pembaharu sosial harus diback-up dengan komunikasi yang bagus. Supaya apa yang kita lakukan tidak hanya berdampak di sekitar kita tapi juga dapat menginspirasi orang lain melalui buah pikir dan pemaparan tentang program kita. Hari ini kita mulai perjalanan, mudah-mudahan kita dapat menjadikan kehidupan sosial yang lebih baik, Greating to better society," urainya. (Inforial)

Reporter : Darwin Tri    Editor : M Andrian



Comments

comments


Komentar: 0