16 Februari 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Brigadir Dede; Polisi di Samarinda jadi Youtuber Videogame


Brigadir Dede; Polisi di Samarinda jadi Youtuber Videogame
Dede Sumarna polisi Youtuber (Foto:Dok. Istimewa)

KLIKBONTANG.COM - Buat Klikers yang senang menonton YouTube, khususnya konten video tentang videogame, mungkin sudah enggak asing dengan kanal Omsenanggamer27.

Ternyata, orang di balik kanal YouTube yang kini telah memiliki sekitar 170 ribu subscribers itu, ialah seorang polisi bernama Dede Sumarna.

Ya, Dede adalah seorang polisi berpangkat Brigadir yang bertugas di Polsekta Samarinda Kota, Kalimantan Timur, sebagai Bhabinkamtibmas. Sebagai seorang polisi, tugasnya ialah memberikan penyuluhan preventif kepada masyarakat.

Meski berprofesi sebagai polisi, Dede enggak bisa lepas dari hobinya sejak kecil, yakni bermain videogame. "Pas SD (Sekolah Dasar) muncul Nintendo, terus saya awal kenal itu Mario Bros. Saya memang hobi dari kecil sudah main konsol, jadi sampai sekarang kebawa," kata dia.

Hobi bermain videogame ini juga yang secara enggak langsung berperan dalam kariernya sebagai polisi. Kala itu saat Dede masih menempuh empat semester di salah satu perguruan tinggi di Kalimantan Timur, ia dikeluarkan karena terlalu banyak bermain videogame Ragnarok.

Lantas karena sudah enggak lagi menjadi mahasiswa, Dede memutuskan untuk ikut seleksi anggota Polri di Balikpapan. Hingga pada 2005 ia terpilih dan menjadi bagian dari Polri.

Selama menjadi polisi, hobi bermain videogamenya hanya bisa ia salurkan tiap pulang kerja. Enggak hanya bermain, Dede juga senang menyaksikan video streaming yang dilakukan sejumlah gamer di YouTube. Hingga pada 2016, Dede memutuskan untuk membuat kanal YouTubenya sendiri dengan nama Omsenanggamer27.

"Omsenanggamer27 itu sebenarnya lebih ke branding saya yang kalau ketemu komunitas dipanggil om. Senang gamer itu harus senang game. Untuk 27 nama angkatan saya di kepolisian," terang Dede.

Namun, Dede enggan menyebut dirinya sebagai seorang YouTuber gamer. Sebab, video-video di kanal YouTubenya enggak terfokus kepada videogame saja.

"Di YouTube saya itu kategori random. Apapun aktivitas saya unggah. Saat lagi kerja juga saya rekam, jadi masyarakat tahu apa aktivitas polisi," katanya.

Popularitas Dede sendiri melejit sejak videonya yang iseng bermain di situs chat video secara acak, Ome TV. Di salah satu video berjudul 'Ketemu Kids Zaman Now di Ome TV Auto Ciduk' yang kini telah ditonton 1,1 juta kali itu, Dede mengejutkan orang-orang karena mengenakan seragam polisi.

"Pakai seragam polisi itu video pertama di Ome TV, enggak disengaja. Saya pulang kerja, browsing di internet, terus ketemu situs itu dan pakai seragam enggak sengaja. Tapi di beberapa video lainnya ada yang sengaja karena memang konsepnya begitu," tutur Dede.

Seiring makin populernya kanal YouTube Dede, jumlah subscribersnya pun meningkat hingga memberikannya penghargaan Silver Play Button. Silver Play Button adalah piagam dengan bentuk icon play YouTube yang terbuat dari perak, dan diberikan kepada pemilik kanal dengan pencapaian 100 ribu subscribers.

Dede, yang kini menjadi mahasiswa jurusan kuliah Ilmu Komputer di Universitas Mulawarman itu, juga telah terikat kontrak dengan salah satu perusahaan teknologi dari Taiwan bernama MSI selama dua tahun. Ke depannya ia ingin memperbaiki kualitas videonya dan menjangkau audiens yang lebih luas.

"Saya coba untuk membenahi apa yang kurang. Karena ke depan saya ingin merangkul usia 10 sampai 30 tahun. Sekarang, kan, (kanal saya) 18 sampai 24 tahun saja. Saya juga ingin mengubah paradigma bahwa main videogame itu bodoh. Padahal sekarang banyak anak muda berhasil karena videogame," pungkas Dede. (*)

Reporter : Kumparan    Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0