17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Hantu Kuyang Hebohkan Warga Balikpapan


Hantu Kuyang Hebohkan Warga Balikpapan
Video warga berkerumun di sebuah rumah di Balikpapan, Kaltim, karena ada isu penampakan hantu kuyang (Foto: Screenshot video viral)

KLIKBONTANG.COM - Video warga yang berkerumun di sebuah rumah di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur, viral di media sosial. Informasi yang beredar, warga mengerubungi rumah tersebut karena ada hantu kuyang.

Hantu kuyang ialah sosok makhluk gaib yang wujudnya hanya kepala dengan organ tubuh bagian dalam yang terbang. Sebagian besar orang meyakini kalau asal usul makhluk tak kasat mata ini berasal dari sebuah ilmu hitam. Kuyang dipercaya sebagai bentuk jelmaan manusia yang sedang mempelajari ilmu hitam, yang biasanya untuk memperoleh keabadian.

Dalam video yang diunggah akun Facebook Eris Riswandi, sosok yang diyakini warga sekitar sebagai hantu kuyang itu muncul di sebuah rumah berlantai dua. Warga pun berdatangan ke lokasi dan sebagian orang mencoba memasuki rumah tersebut.

Antusias warga untuk melihat penampakan hantu tersebut terlihat sangat besar. Mereka berbondong-bondong mengerumuni rumah besar itu. Beberapa orang warga mencoba untuk menangkap hantu jelmaan tersebut, namun sayang, usahanya gagal.

Polisi pun langsung menelusuri informasi ini. Setelah memintai keterangan dari warga dan tokoh masyarakat, info adanya hantu kuyang itu dinyatakan berita bohong (hoax).

"Tadi kita cek di lapangan, ini saksi-saksi yang melihat langsung nggak ada. Hanya melihat seperti bola api tapi kan tidak bisa dibuktikan secara nyata. Beberapa tokoh masyarakat juga menyatakan itu berita hoax, untuk menakut-nakuti warga. Tidak ada itu," kata Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Fitra, Jumat (21/9/2018).

Wiwin mengatakan video yang viral tersebut terjadi di daerah Gunung Empat, Margo Mulyo, Kaltim. Dia mengatakan wilayah tersebut merupakan kawasan padat penduduk. Dia menduga isu tersebut dimainkan untuk menakuti warga. "Mitos, tidak ada yang melihat," tuturnya.

Atas kejadian ini, Wiwin meminta warga untuk kembali mengaktifkan sistem keamanan keliling (siskamling). Dia mengatakan polisi juga akan meningkatkan patroli rutin.

"Supaya masyarakat jangan takut dan jangan ada pihak-pihak yang ingin menebarkan teror kepada warga. Warga juga diimbau untuk mengaktifkan kembali poskamling agar jika ada penyusup yang datang bisa diketahui. Kita dari aparat lewat binmas juga sudah lakukan penyuluhan dan unit patroli juga rutin berpatroli," ujar dia. (*)

Reporter : Inara Dafina    Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0