18 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Usaha Rina Pesat, Teknologi dan Jasa Ekspedisi jadi Andalannya


Usaha Rina Pesat, Teknologi dan Jasa Ekspedisi jadi Andalannya
Bisnis grosir pakaian anak-anak termurah menjadi jurus jitu Rina Novita Sari (kanan), Owner Mandiri Online Shop bersama suami menggaet para Reseller.

KLIKBONTANG.COM - Banyak manfaat teknologi yang dapat membantu memajukan dan memperbesar usaha atau bisnis. Di era super cepat ini pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang dapat menunjang kesuksesan berbisnis. Terutama masalah marketing, promosi atau periklanan.

Kemajuan teknologi ini dimanfaatkan betul Rina Novita Sari, owner Mandiri Online Shop, perintis bisnis pakaian di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Harga terbilang murah dengan mengutamakan sistem Reseller atau agen menjadi tolok ukur keberhasilannya menggaet rekan bisnis yang tersebar se-Nusantara.

Rina-sapaannya, memulai bisnis pakaian ini sejak 2014 silam. Berbagai varian pakaian seperti kaos berkarakter kartun, pakaian muslim, baju distro, dress anak perempuan, celana levis, celana katun, celana kanvas, baju tidur atau piyama hingga pakaian dewasa seperti kaos dan jaket menjadi pilihan terbaik bagi pembelinya. Khususnya pakaian untuk anak-anak.

Ia mengandalkan promosi berbasis online melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatssApp untuk pasar domestik. Tak dapat dipungkiri, di era digitalisasi saat ini internet menjadi salah satu cara terbaik baginya meluaskan jangkauan pemasaran.

Guna menjangkau para pelanggannya, Rina pun selalu menggunakan layanan jasa ekspedisi misalnya JNE, Tiki, Si Cepat, J&T hingga Kantor Pos. Sejauh ini, tak ada kendala yang menghambatnya dalam pengiriman barang.

"Dalam pelayanannya bagus semua Mas. Sejauh ini belum ada kendala apa-apa sih," tanggapnya.

Pun begitu, Rina menilai tiap perusahaan jasa logistik tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. JNE misalnya, untuk pengiriman barang sebelumnya si pengirim harus datang langsung ke kantor cabang. Sementara J&T mampu memberi pelayanan dengan kurirnya yang siap mengambil paket barang yang akan dikirim tersebut.

Tanggapan miring tentang sistem jasa logistik hanya diperolehnya melalui informasi yang tersebar di jejaring sosial. Beberapa pelanggan yang mengeluhkan tentang proses ekspedisi. Misalnya barang yang sudah sampai di kota tujuan tetapi belum diantar ke alamat penerima oleh kurir.

"Tapi saya pribadi sih nggak sampai kayak gitu. Apalagi JNE, JNE kalau misalnya barang saya datang, langsung diantar walaupun itu hari minggu," tandasnya.

Berbicara tarif, diakuinya JNE selalu jadi pilihan utama bagi para customer. Salah satu alasannya, karena kantor cabangnya sudah tersebar ke seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Kepada pelanggannya, Rina terbiasa menawarkan pilihan beberapa jasa ekspedisi yang tersedia di Bontang. Hal itu juga disesuaikan dengan keinginan para pembeli. Sebut saja Reseller Mandiri OL Shop yang berasal dari Kutai Barat. Salah satu agen bisnisnya ini sangat mempertimbangkan perkiraan tarif dan letak kantor layanan yang terdekat dari rumahnya.

Dari sekian banyak layanan jasa logistik, pelanggannya paling sering menggunakan layanan jasa JNE. Alasan mendasar ialah karena ongkos kirim (ongkir) yang relatif lebih murah di beberapa daerah.

"Kalau kecepatan pengirimannya lebih unggul J&T mas. Namun tarifnya relatif lebih mahal," ucap pemilik toko yang beralamat di Jalan Bulutangkis, Nomor 30 RT 40 Kelurahan Api-api, Kota Bontang ini.

Dirinya menyebut bahwa J&T tidak memiliki hari libur untuk pengiriman. Bahkan, usai waktu salat di hari raya, kantor cabangnya pun sudah siap melayani pelanggan.

Sedangkan JNE, kantor layanan buka setiap hari namun tutup saat hari raya tiba. Khusus hari minggu, pelayanan hanya dibuka untuk pengiriman barang. Tidak melayani pengambilan barang atau tutup kecuali ada pengantaran dari kurir.

"Kalau bisa sih kedepan ada kartu anggota terus dikasi diskon bagi pelanggan. Karena bisa dibilang saya sering menggunakan jasa ekspedisi. Senoga pelayanannya juga dapat lebih ditingkatkan," harapnya.

Ditanya soal keberadaan jasa ekspedisi ekspres atau cepat, dengan mimik terkejut Ia mengaku pasti akan terkendala melayani para pelanggannya. Jika tidak ada layanan ekspedisi cepat, pilihannya hanya menggunakan jasa transportasi kargo kapal yang cukup memakan waktu lama saat pengiriman. Belum lagi harus menyesuaikan jadwal keberangkatan kapal laut yang tidak selalu ada tujuan ke beberapa daerah disetiap harinya.

"Kalau nggak ada jasa logistik pengiriman cepat ini ya bingung mas. Pastinya saya nggak punya Reseller dimana-mana. Saya hanya mengandalkan jasa logistik itu karena hampir tiap hari ada pengiriman barang. Pengiriman disini diatas jam 7 malam karena saya kumpulin semua orderan, tidak satu-satu," paparnya.

Mulai merintis, berjalan dan berkembang usahanya, Rina menganggap jasa logistik berperan penting untuk tumbuh kembang usahanya. Dalam sehari, sekitar 3 sampai 5 paket barang orderan harus dilayani Mandiri OL Shop. Ada lebih dari 100 kali paket barang yang dikirim setiap bulannya.

Peluang menjadi agen dari bisnis pakaiannya pun terbuka bagi masyarakat Kota Bontang. Terhitung ada sebanyak 7 Reseller yang aktif melakukan order barang. Bagi yang tidak sempat berbelanja dengan datang langsung ke outletnya, para pembeli sering menggunakan salah satu jasa ojek online yang sedang tenar di Bontang. (*)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Dasrun Darwis



Comments

comments


Komentar: 0