18 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

APBD Perubahan Bontang Tanpa Tambahan Uang


APBD Perubahan Bontang Tanpa Tambahan Uang
Neni Moerniaeni.

KLIKBONTANG.COM - Pelaksanaan APBD-Perubahan 2018 Kota Bontang dipastikan tanpa tambahan anggaran dari APBN. Sehingga dasar penyusunan keuangan daerah bersumber dari dana Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA) sebesar Rp 45 miliar.

"Tidak ada tambahan anggaran dari pusat. Karena tidak ada APBN-Perubahan. Jadi kita hanya geser saja kegiatan menggunakan dana SiLPA kemarin," ujar Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni usai menghadiri rapat penandatanganan KUA-PPAS di gedung 3 Dimensi, jalan Awang Long, (16/8) malam.

Wali Kota Neni menjelaskan, akibat tak ada kucuran tambahan anggaran dari pemerintah pusat seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada APBD-Perubahan ini Pemkot dan DPRD sepakat hanya melakukan pergeseran anggaran untuk kegiatan prioritas.

Kegiatan prioritas yang dimaksud, kata Neni, yakni usulan kegiatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) yang tak diakomodir pada pembahasan APBD 2018 kemarin. "Fokus kita untuk kegiatan seperti usulan Musrembang," kata Neni.

Dijelaskan, sejatinya dana SiLPA 2017 Bontang sebesar Rp 120 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp 75 miliar telah dialokasikan untuk belanja pegawai. Dia merinci, dana tersebut terdistribusi untuk insentif Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Rp 40 miliar, gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) Rp 27 miliar dan untuk non- PNS Rp 8 miliar.

Dia menambahkan, dana SiLPA ini harus digunakan pada APBD-P ini agar penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Bontang tetap positif. Sebab, beberapa tahun ini Pemkot terus mendapat laporan yang baik atas akutanbilitas penggunaan keuangan daerah,

"Harus digunakan SiLPA agar LAKIP kita tetap bagus. Kan selama ini sudah bagus," ungkapnya.

Sekadar informasi, Pemkot dan DPRD menyepakati APBD 2018 sebesar Rp 1,1 Triliun. (*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Qadlie Fachruddin



Comments

comments


Komentar: 0