18 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Agus Haris Kecewa Seragam Gratis Molor Disalurkan


Agus Haris Kecewa Seragam Gratis Molor Disalurkan
Agus Haris.

KLIKBONTANG.COM – Program pembagian seragam gratis kepada seluruh pelajar se-Kota Bontang, Kalimantan Timur tahun ajaran 2018 ini dipastikan molor. Sebab, sejak hari pertama sekolah para murid belum juga menerima paket seragam gratis.

Padahal sebelumnya, pemerintah mengucurkan anggaran Rp 10 miliar untuk membiayai pengadaan 5 jenis seragam sekolah, sepatu dan serta kepada seluruh murid mulai tingkat PAUD hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Penundaan ini disesalkan Ketua Komisi I DPRD Bontang, Agus Haris. Kepada wartawan ketua komisi yang mengurusi urusan pendidikan ini mengatakan seharusnya penyaluran paket seragam kepada murid dilakukan tepat pada hari pertama sekolah.

“Bisa-bisa mubazir itu. Karena orang tua murid pasti sudah sediakan sendiri. Bisa percuma dong program bagus kalau tak maksimal,” ujar Agus Haris.

Politisi partai Gerindra ini mengaku, informasi yang diterima alasan molornya penyaluran karena panjangnya birokrasi. Sejatinya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) telah menyerahkan dokumen lelang kepada panitia lelang pada 25 Juni kemarin.

Sayangnya, sampai saat ini proses tahapan lelang belum tuntas. Sebab, panitia masih mencari satuan harga terbaru untuk kegiatan ini.

kejadian ini, lanjut Agus, tak jauh berbeda dengan kondisi pada tahun pertama program ini berjalan. Panjangnya tahapan administrasi membuat program ini tak selesai sesuai rencana.

“Harusnya sudah belajar dari tahun kemarin. Harus ada evaluasi. misalnya memangkas rantai administrasi yang berbelit,” tandasnya.

Kebijakan pemerintah memberikan bantuan perlengkapan sekolah sangat diapresiasi oleh masyarakat. Idealnya, program ini mendapat prioritas agar selesai tepat waktu.

Pemerintah diminta untuk memperbaiki metode pengajuan lelang untuk kegiatan ini. Agar program ini tak menghabiskan waktu selama pengajuan hingga penetapan pemenang lelang. “perencanaan harus dilakukan jauh hari sebelumnya. Jangan sampai perencanaan mepet sehingga pengadaannya menjadi panjang,” ujarnya. (*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0