18 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Studi: Makan Kacang Buat Sperma Pria Berkualitas


Studi: Makan Kacang Buat Sperma Pria Berkualitas
Ilustrasi kacang tanah. [Shutterstock]

KLIKBONTANG.COM - Kacang ternyata tak cuma menjadi camilan sehat dan mengenyangkan. Namun menurut penelitian, makan kacang ternyata bisa secara signifikan meningkatkan jumlah sperma para pria muda.

"Temuan ini mendukung peran penting bahwa konsumsi kacang bisa meningkatkan kualitas sperma," kata peneliti dikutip dari AFP. Hanya saja penelitian mengungkapkan bahwa penelitian ini didukung oleh responden pria yang semuanya sehat dan 'terlihat' subur.

Sebaliknya, manfaat potensial kacang untuk para pria yang punya masalah atau berjuang dengan kesuburannya masih harus diteliti kembali.

Peneliti meneliti 119 pria dengan rentang usia 18-35 tahun. Mereka dibagi menjadi dua kelompok besar. Satu kelompoknya diharuskan makan 60 gram almond, hazelnut, dan kenari setiap hari. Sementara kelompok dua tidak diberi kacang.

Setelah 14 minggu, kelompok pertama yang menyantap kacang ternyata memiliki peningkatan signifikan dalam hal jumlah sperma, vitalitas, motilitas sperma, dan morfologi (bentuk sperma). Semuanya ini terkait dengan kesuburan pria.

"Selain itu, subjek dalam kelompok kacang juga menunjukkan penurunan signifikan dalam tingkat fragmentasi DNA (pecah DNA) sperma mereka. Ini adalah sebuah parameter yang terkait erat dengan infertilitas pria."

Hasil ini dianggap konsisten dan sesuai dengan peningkatan kualitas sperma yang diamati pada pria dengan diet kaya omega-3, antioksidan seperti vitamin C dan E, selenium, seng, dan folat. Berdasar penelitian, kacang juga banyak mengandung nutrisi tersebut.

Namun ada pertanyaan yang mencuat sebagai reaksi pada studi yang dipresentasikan pada pertemuan European Society of Human Reproduction and Embryology di Barcelona ini, yaitu apakah kaum pria wajib menambahkan kacang dalam diet mereka jika berharap istrinya cepat hamil?

"Kami belum bisa mengatakan itu," kata rekan penulis studi Albert Salas-Huetos.

"Tetapi bukti dari literatur bahwa perubahan gaya hidup sehat seperti mengikuti pola diet sehat bisa membantu konsepsi. Dan tentu saja, kacang-kacangan adalah komponen kunci dari diet sehat Mediterania." (*)

Reporter : Ramadhan NR | Berbagai Sumber    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0