27 Mei 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Empat Uang Kertas Ini Sudah Tak Laku Tahun Depan


Empat Uang Kertas Ini Sudah Tak Laku Tahun Depan

KLIKBONTANG.COM - Bank Indonesia (BI) melalui Peraturan Bank Indonesia No. 10/33/PBI/2008 pada 25 November 2008 telah menarik beberapa pecahan uang kertas rupiah.

Keempat pecahan tersebut yakni, Rp 10 ribu Tahun Emisi (TE) 1998 gambar muka Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien, Rp 20 ribu TE 1998 gambar muka Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara,

Rp 50 ribu TE 1999 gambar muka Pahlawan Nasional WR Soepratman, dan Rp 100 ribu TE 1999 gambar muka Pahlawan Proklamator Ir Soekarno dan Mohammad Hatta berbahan polymer.

Direktur Eksekutif Departement Komunikasi BI Agusman dalam siaran persnya, Senin(25/6/2018) mengimbau, bagi masyarakat yang masih memiliki uang pecahan emisi tersebut, masih dapat menukarnya di Bank Indonesia hingga 30 Desember 2018.

"BI secara rutin melakukan pencabutan dan penarikan uang rupiah. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan antara lain masa edar uang, adanya uang emisi baru dengan perkembangan teknologi unsur pengaman (security features) pada uang kertas," ujar Agusman.

Sementara itu, dikutip dari website resmi Bank Indonesia, upaya penarikan uang tersebut dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Seperti pertimbangan lamanya masa edar uang.

Selain itu penarikan itu juga mempertimbangkan peredaran uang emisi baru. Yang mana uang emisi baru ini mengikuti perkembangan teknologi dengan unsur pengamanan (security features) pada uang kertas. (*)

Reporter : Ramadhan NR    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0