18 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

8 Kasus Pelanggaran Pilgub, Panwaslu Gelar Rakor dengan Stakeholder dan Wartawan


8 Kasus Pelanggaran Pilgub, Panwaslu Gelar Rakor dengan Stakeholder dan Wartawan
Komisioner Panswalu Bontang, Nasrullah

KLIKBONTANG.COM - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bontang menggerlar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan stakeholder dan media massa se-KotaBontang di Hotel Sintuk, Sabtu (12/5/2018).

Rapat yang digelar membahas progres pengawasan jalannya Pemilihan Umum Gubernur Kaltim (Pilgub) Kaltim sejak tiga bulan terakhir. “Sejak masa kampanye dimulai 15 Februari lalu ada 8 kasus yang kami tangani,” kata Ketua Panwaslu Bontang, Agus Susanto saat menyampaikan kinerja Panwaslu di hadapan peserta rakor.

Agenda ini dihadiri sejumlah stakeholder,diantara Polres Bontang, Dandim 0908, Komisi Pemilihan Umum, perwakilan media massa se-Bontang dan Humas perusahaan serta Pemkot Bontang. 

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, daritotal 8 perkara dugaan pelanggaran pemilu di Bontang, 6 kasus diantaranya temuan dari panitia, 2 aduan dari masyarakat. Menurutnya, dominasi kasus yang bersumber  dari temuan petugas membuktikan tim bekerja selama masa kampanye berjalan. 

Sementara itu, Komisioner Panswalu lainnya Nasrullah mengatakan dinamika politik jelang hari pencoblosan pada 27 Juni mendatang terus diawasi oleh petugas. 

Untuk itu, dirinya berharap agar seluruh pihak, termasuk masyarakat ikut mengasi jalanya masa kampanye di lapangan oleh masinh-masing Pasangan Calon (Paslon).

“Kita harus bersinergi untuk mengawasi jalanya Pilkada ini sesuai dengan regulasi yang ditetapkan,” kata Nasrulah. 

Pun demikian, dirinya mengaku dinamika Pilgub di Bontang tak seperti di daerah lainya di Kaltim. Menurut dia, eskalasi politik cenderung kondusif terbukti dari kasus laporan yang diterima maupun didapati di lapangan minim. 

“Bontang ini termasuk paling rendah di Kaltim untuk kasus pelanggaranya,” ujarnya. 

Menurut dia, penyebab ‘dingin’-nya suhu politik di Bontang lantaran euforia pemilukada lebih terpusat di Ibu Kota Provinsi Kaltim. Selain itu, sejumlah tim pemenangan para paslon intens berkoordinasi dengan Panwaslu terkait mekanisme kampanye.

“Kami juga apresiasi sejumlah tim para paslon yang rutin berkoordinasi dengan kami,” ujarnya. (*)

Reporter : Ichwal Setiawan    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0