18 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

INGAT! Besok, Debat Pilgub Kaltim di Metro TV


INGAT! Besok, Debat Pilgub Kaltim di Metro TV

KLIKBONTANG.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim akan menyelenggarakan debat publik pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim di stasiun televisi swasta, Metro TV, Rabu (25/4/2018) .

Pelaksanaan debat dilakukan di jam prime time, yakni mulai pukul 19.00 WIB, atau live di Kaltim sekitar pukul 20.00 Wita. Debat direncanakan akan berlangsung selama 90 menit, dengan break komersial di beberapa sesi.

Komisioner KPU Kaltim, Mohammad Syamsul Hadi mengungkapkan, setiap sesi dalam debat akan menggali konsep empat paslon terkait isu strategis daerah.

Di segmen pertama, paslon memaparkan visi, misi, dan programnya. Kemudian segmen kedua, moderator memperdalam visi, misi, dan program setiap paslon. Segmen Ketiga, calon gubernur (cagub) menanyakan isu strategis pada paslon lain.

Lalu di segmen keempat, giliran calon wakil gubernur (cawagub). Masing-masing cawagub akan menanyakan isu strategis daerah pada cawagub lainnya. Lantas di segmen kelima dilakukan undian pertanyaan. Setiap paslon memilih pertanyaan dari undian yang disediakan panitia. “Segmen keenam diisi closing statement dari setiap paslon,” lanjutnya.

Sekadar diketahui, KPU Kaltim mengalokasikan debat kandidat pertama dengan nilai anggaran Rp 880 juta. Untuk meminimlisir biaya debat, maka digelar di studio stasiun televisi yang terpilih.

Koodinator Kelompok Kerja Unit Lelang Pengadaan (ULP), Rasman Rading menjelaskan, dari dua stasiun televisi yakni I News dan Metro Tv, yang menjadi peserta lelang‎, diputuskan media elektronik Metro TV yang dipilih.

Sementara, media elektronik I News yang tidak terpilih, mengajukan penawaran terendah dengan nilai Rp 660 juta. Tetapi, Pokja ULP memutuskan Metro Tv yang dipilih.

‎"I News urutan pertama dari penawaran lelang. Tapi, acara debat ini, ada iklan-iklan sosialisasi dan pasangan calon. Jangkauan siaran I News tidak sama Metro Tv. Channel I News bisa ditonton pakai Tv kabel. Kan tidak semua masyarakat menggunakan dengan TV Kabel," tuturnya.

Sementara, kata Rasman, Metro Tv yang mengajukan penawaran Rp 770 juta, dianggap telah memenuhi kualifikasi sebagai stasiun televisi yang bisa menjangkau pemirsa di Kaltim. (*)

Reporter : Ramadhan NR    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0