16 September 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Seluruh SMP di Bontang Gelar UN Berbasis Komputer


Seluruh SMP di Bontang Gelar UN Berbasis Komputer
Kepala Disdikbud Bontang, Akhmad Suharto.

KLIKBONTANG.COM - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), 23-26 April mendatang. Tahun ini di Bontang merupakan kali pertama yang mencapai 100 persen. Artinya, 34 SMP/MTs yang terdaftar di Disdik kesemuanya menyelenggarakan UNBK.

“Kami mengupayakan agar di 2018 ini semua sekolah di Bontang bisa mengikuti UNBK. Dalam hal ini pihak sekolah terbantu dengan bantuan laptop untuk guru yang bisa dimanfaatkan untuk UNBK,” beber Suharto.

Walaupun diakui, masih ada sembilan sekolah yang masih menumpang di sekolah lain untuk pelaksanaan UNBK. Pasalnya fasilitas yang ada di sekolah tersebut masih belum memenuhi untuk menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Di antaranya ada yang belum memiliki laboratorium komputer, ada pula yang kekurangan komputer/laptop.

“Ada sekolah yang sudah memiliki laboratorium komputer, tapi komputernya masih belum memadai. Sehingga harus menumpang di sekolah lain,” terangnya.

Kata Suharto, tak banyak persiapan yang dilakukan Disdik menjelang pelaksanaan UNBK. Karena Disdik dan pihak sekolah hanya mempersiapkan tempat, alat, dan fasilitas yang diperlukan untuk UNBK meliputi komputer dan jaringan, serta proktor yang mengawasi jalannya ujian. Berbeda dengan penyelenggaraan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) yang membutuhkan lembaran fisik.

Pun dengan potensi kecurangan, menurut Suharto tidak akan terjadi dalam UNBK nanti. “Saya rasa tidak bisa berbuat curang karena setiap siswa berbeda-beda soalnya,” jelas dia.

Berdasarkan data Disdik Bontang, UNBK ini rencananya diikuti sebanyak 2.953 siswa kelas tiga SMP/MTs yang tersebar di 34 sekolah di Kota Taman. Dari angka itu, 315 di antaranya bakal menumpang ujian di sekolah lain, yaitu di SMAN 1, SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 3 Bontang karena fasilitas di sekolah yang belum memenuhi syarat UNBK. (*)

Reporter : Zaenul Fanani    Editor : Said NR



Comments

comments


Komentar: 0