23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tubuh Kita Memendek saat Sore, Benarkah?


Tubuh Kita Memendek saat Sore, Benarkah?

KLIKBONTANG.COM- Mungkin sebagian dari kita pernah merasa tinggi tubuh kita berbeda di waktu-waktu tertentu. Lebih tepatnya, tinggi tubuh akan berbeda di pagi dan sore hari. Mengapa demikian?

Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Pediatrics International, menyebutkan bahwa tinggi badan pada sore hari dapat menyusut hingga setengah sentimeter dibandingkan pada pagi hari. Namun, penelitian ini dilakukan pada 400-an anak yang berusia 3-15 tahun.

Peneliti menyebutkan, penyusutan tinggi badan terjadi karena batang tubuh yang memendek sepanjang siang hari. Tidak hanya itu, tulang rawan di antara ruas tulang belakang juga memendek akibat dari pengaruh gravitasi dan aktivitas pada siang hari.

Perlu diingat bahwa penelitian dilakukan pada anak berusia 3-15 tahun, sehingga untuk orang dewasa belum ditemukan hasil yang serupa. Namun sebagai saran, jika kita akan mengukur tinggi badan, sebaiknya mengukurnya di waktu yang sama agar tidak kebingungan, misalnya setelah sarapan pada pukul 7 atau 8 pagi.

Fakta lainnya, untuk kaki, nyatanya ukuran akan cenderung lebih panjang di sore hari. Jadi, jika akan membeli sepatu,belilah di sore hari agar tidak mendapatkan sepatu yang sempit di kaki.

Nah, apakah Anda pernah merasa tinggi tubuh Anda berbeda terutama di pagi dan siang hari? Dan kini kita sudah mengetahui penyebabnya. (*)

Reporter : Ramadhan NR | Natgeo    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0