17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bahaya Minum Teh saat Perut Kosong


Bahaya Minum Teh saat Perut Kosong
Ilustrasi.

KLIKBONTANG.COM - Tak dimungkiri menyeruput teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan imunitas dan metabolisme jika dikonsumsi di saat yang tepat. Akan tetap, meminum teh di pagi hari seperti yang banyak dilakukan, ternyata bukan waktu yang tepat lantaran perut dalam kondisi kosong.

Meminum teh saat perut kosong justru dapat membahayakan tubuh. Ini terjadi karena teh mengandung kafein yang dapat memicu asam lambung dan menghancurkan pencernaan pada perut yang belum berisi.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut sepuluh bahaya yang terjadi saat meminum teh dalam kondisi perut kosong:

1. Mengganggu aktivitas metabolik
Meminum teh pada perut kosong bakal mengganggu sistem metabolisme karena ketidakseimbangan zat asam basa di dalam perut. Akibatnya, hal ini dapat merusak aktivitas metabolik yang justru memicu banyak bahaya lain.

2. Erosi gigi
Menyeduh teh di pagi hari dapat mengikis enamel gigi. Hal ini terjadi karena bakteri dalam mulut merusak gula yang menyebabkan peningkatan kadar asam dimulut sehingga enamel gigi terkikis.

3. Membuat dehidrasi
Teh bersifat diuretik sehingga menghilangkan tubuh dari air. Ketika bangun tidur, tubuh sebenarnya sudah dehidrasi sepanjang malam dan meminum teh saat perut kosong justru memicu dehidrasi lebih lanjut dan bisa menyebabkan kram perut.

4. Mengurangi penyerapan zat besi
Meminum teh, khususnya teh hijau di pagi hari dapat menurunkan kemampuan tubuh menyerap zat besi secara alami. Oleh karena itu, orang yang menderita anemia disarankan untuk tidak meminum teh saat perut kosong.

5. Mual dan cemas
Dilansir dari Boldsky, meminum teh saat perut kosong di pagi hari juga memengaruhi kerja empedu yang menyebabkan mual dan gugup. Teh juga dapat menimbulkan kegelisahan. Ini terjadi lantaran kafein dalam teh saat perut kosong membuat menciptakan sesansi yang tidak menyenangkan seperti cemas, pusing dan mual.

6. Kembung dan lelah
Kembung ini terjadi ketika meminum teh susu di pagi hari. Kandungan laktosa yang tinggi dalam susu dapat mempengaruhi usus. Alhasil, gas dapat menumpuk di perut. Teh susu juga membuat tubuh lelah dan membuat suasanan hati tak menentu. Jika ingin tetap menyeruput teh di pagi hari, sebaiknya sarapan terlebih dahulu agar perut tidak kosong dan sudah berisi. (*)

Reporter : Aysah Idris    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0