19 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kenalkan Pupuk Kaltim kepada Pelajar lewat Knowledge Sharing


Kenalkan Pupuk Kaltim kepada Pelajar lewat Knowledge Sharing
Tim terdiri dari berbagai unit kerja di lingkungan Pupuk Kaltim berfoto bersama dengan latar belakang gedung SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), Senin (12/3/2018). Foto: KLIKBONTANG/Fanny

KLIKBONTANG.COM - Pupuk Kaltim kembali mewujudkan bentuk kepeduliaannya terhadap dunia pendidikan. Sekelompok tim terdiri dari berbagai unit kerja di lingkungan Pupuk Kaltim menggelar knowledge sharing di SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), Senin (12/3/2018).

Program ini merupakan upaya Pupuk Kaltim memperkenalkan perusahaan kepada anak-anak tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Koordinator Knowledge Sharing, Jaka Kirwanto menerangkan program ini guna memperkenalkan beberapa materi khususnya tentang bidang ilmu teknik.

"Kita ingin memperkenalkan materi bidang teknik atau enginering kepada anak-anak untuk memberi wawasan sejak usia sekolah agar menambah rasa keinginin tahuan terhadap bidang tersebut diikuti pengembangannya," ucap Staf Direktorat Produksi Pupuk Kaltim itu kepada wartawan.

Ia bersama rekan-rekannya berasal dari dari lintas generasi, lintas divisi, disiplin dan unit kerja yang ada di Pupuk Kaltim. Berbagai unit kerja seperti produksi, SDM, teknik dan lainnya pun turut ambil peran pada program ini. Knowledge Sharing ini bertujuan mengenalkan berbagai bidang ilmu seperti teknik kimia, instrumen, mesin dan lainnya. Para ahli yang dimiliki Pupuk Kaltim memaparkan berbagai materi tentang fungsi, peran dan manfaat dari bidang tersebut di Pupuk Kaltim.

"Pupuk Kaltim menjadi sebesar ini, mayoritas dibangun oleh sarjana-sarjana dengan bidang ilmu teknik. Misalnya saja teknik mesin, teknik listrik, teknik kimia dan banyak lagi lainnya," katanya.

Knowledge Sharing merupakan program perdana. Dia bersama tim terus berusaha mengembangkannya. Ke depan, kata Dia, tim akan mengenalkan lebih detil tentang bidang pabrik itu seperti apa. Ia berujar, ini juga merupakan arahan dari Direktur Utama kami agar para siswa khususnya tingkat SMA dapat mengenal berbagai bidang ilmu tertentu yang sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan.

"Kita ada pabrik amoniak dan pupuk. Lebih detail tentang pengolahan pupuk dan sistem pabrik, minggu depan kita akan ajarkan. Saat ini, kita akan bahas secara umum saja," tambahnya.

Di tempat sama, Guru Matematika Kelas XI Yayasan Pupuk Kaltim Sintowati mengaku kegiatan ini mampu menambah wawasan anak-anak didiknya. Dengan wawasan tersebut, siswa mampu menangkap berbagai peluang dari bidang ilmu yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, menambah pengetahuan mereka tentang Pupuk Kaltim.

"Kami sangat mendukung adanya program ini. Saat ini hanya menyasar kelas XI IPA karena kelas XII sudah difokuskan untuk Ujian Akhir Nasional. Harapannya, anak-anak mendapat pengetahuan tentang Pupuk Kaltim langsung dari para ahli yang berkecimpung dalam perusahaan itu," ungkapnya.

Salah seorang siswa pun memberi tanggapan terkait program ini. Dia mengatakan Pupuk Kaltim melalui Knowledge Sharing ini memaparkan berbagai prospek kerja yang ada diperusahaan ini.

"Tadi disampaikan tentang apa yang diproduksi Pupuk Kaltim serta profil perusahaan. Yang saya dapat dari pemaparan tadi sangat menarik dan bagus. Khususnya tentang peluang dan proses bekerja di Pupuk Kaltim," ucap Muhammad Nur Arafah, siswa kelas XI IPA itu.

Banyak hal yang telah disampaikan oleh pemateri, misalnya wawasan tentang produk harus disuplai terlebih dahulu skala nasional baru memenuhi kebutuhan ekspor. Baginya, yang paling berkesan saat pemaparan tadi bukan hanya tentang Pupuk Kaltim.

Namun, fakta peluang bahwa perusahaan ini membutuhkan banyak tenaga ahli bidang enginering. Ia pun mengaku mulai tertarik dengan bidang ilmu enginering dan berkeinginan mengambil jurusan teknik. "Semoga Pupuk Kaltim bisa lebih berkembang dan bisa bersosialisasi ke daerah-daerah pedalaman yang agak pelosok-pelosok," kesannya. (INFORIAL)

Reporter : Darwin Tri    Editor : Nur Aisyah



Comments

comments


Komentar: 0