17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ogoh-Ogoh Raksasa Keliling Bontang


Ogoh-Ogoh Raksasa Keliling Bontang
Ogoh-ogoh raksasa ditandu oleh peserta pawai mengitari jalan protokol Kota Bontang, Ahad (11/3/2108). Foto: KLIKBONTANG/Fanny

KLIKBONTANG.COM - Pawai Ogoh-ogoh dan lintas budaya menyemarakan suasana jelang Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1940 di Kota Bontang, Ahad, 11 Maret 2018 pagi.

Menariknya, tradisi ritual pawai ogoh-ogoh ini diikuti dan dimeriahkan beberapa paguyuban dan komunitas.  Seperti paguyuban kuda lumping, pencak silat, sepeda ontel, komunitas motor, hingga parade pakaian adat.

Arak-arakan ogoh-ogoh raksasa bermula dari halaman Kantor Eks Walikota. Rombongan peserta dilepas Wakil Walikota Bontang, Basri Rase, lalu peserta melintasi Jalan Awang Long, Jalan MH Thamrin, Jalan R. Soeprapto. Suasana berlangsung meriah sekaligus menjadi daya tarik warga sebagai hiburan di akhir pekan.

Atraksi seluruh peserta dilakukan di Jalan MH Thamrin, tepatnya pertigaan Ramayana. Terlihat kerumunan warga mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa yang berbaris rapi di trotoar jalan untuk menonton atraksi yang disajikan peserta pawai ogoh-ogoh dan budaya nusantara.

Pawai ogoh-ogoh yang dilaksanakan Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Bontang ini bermakna mengusir roh-roh jahat agar tidak mengganggu kehidupan manusia, sekaligus menyeimbangkan bhuwana alit dan bhuwana agung (alam mikrokosmos dan makrokosmos). (*)

Reporter : Fanny    Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0