18 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Pendaftaran SNMPTN 2018 Dibuka Hari Ini


Pendaftaran SNMPTN 2018 Dibuka Hari Ini
(Ilustrasi) Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Natsir bersama jajaran berfoto bersama dalam acara peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2018 di Kantor Kemenristekdikti di Jakarta, Jumat (12/01/2018). FOTO/tirto.id.

KLIKBONTANG.COM - Jadwal pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) mulai dibuka pada hari ini, Rabu (21/2/2018). Pendaftaran SNMPTN ini tidak memungut biaya atau gratis.

Panitia seleksi jalur ini menetapkan jadwal pendaftaran SNMPTN berlangsung pada 21 Februari 2018 – 6 Maret 2018. Sementara pengumuman hasil seleksi SNMPTN dijadwalkan pada 17 April 2018.

Mereka yang bisa mendaftar SNMPTN adalah para siswa kelas XII SMA atau sederajat yang data akademiknya sudah tercatat dan terverifikasi pada sistem Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Pengisian dan verifikasi PDSS telah berlangsung pada 13 Januari-10 Februari 2018. Panitia SNMPTN sempat memperpanjang jadwal verifikasi data siswa dan finalisasi data sekolah di PDSS selama 2 hari.

Saat mengumumkan dimulainya kegiatan SNMPTN, pada 12 Januari 2018 lalu, Ketua Panitia Pusat SNMPTN, Prof Ravik Karsidi menyatakan seleksi jalur ini akan mempertimbangkan data prestasi dan portofolio akademik siswa yang sudah termuat di sistem PDSS.

Penerimaan calon mahasiswa melalui SNMPTN juga mempertimbangkan level akreditasi dan rekam jejak sekolah pendaftar. Sekolah Akreditasi A dapat mendaftarkan 50 persen siswa terbaiknya. Sekolah Akreditasi B bisa mendaftarkan 30 persen siswa terbaiknya. Sekolah Akreditasi C boleh mendaftarkan 10 persen siswa terbaiknya. Terakhir, sekolah dengan Akreditasi lainnya, atau di bawah level-level tadi, hanya bisa mendaftarkan 5 persen siswa terbaiknya.

Panitia Pusat SNMPTN mencatat sebanyak 16.049 sekolah telah melakukan finalisasi data di PDSS sebagai syarat agar siswanya bisa mendaftar jalur seleksi ini. Data tersebut berdasar keterangan Ravik Karsidi pada Selasa, 13 Februari 2018 atau sehari usai penutupan jadwal pengisian PDSS.

"Jumlah sekolah yang finalisasi sebanyak 16.049 sekolah dengan jumlah siswa yang sudah diverifikasi sebanyak 1.118.137 siswa," kata Ravik sebagaimana dikutip Antara.

Dengan demikian, ada sekitar 1,1 juta lebih siswa yang berkesempatan mendaftar sebagai peserta seleksi jalur SNMPTN untuk menjadi mahasiswa baru di 85 perguruan tinggi negeri (PTN).

Menurut Ravik, semula ada 18.553 sekolah yang mengisi data di PDSS. Namun hanya 16.049 sekolah yang melakukan finalisasi data. Jumlah sekolah itu mungkin bertambah sebab panitia menunggu proses finalisasi data sekolah dari sejumlah kabupaten di Papua yakni Mimika, Asmat, Merauke, Boven Digoel dan Mappi. Sekolah dari daerah-daerah itu menerima perlakuan khusus karena mengalami kendala internet.

Jumlah PTN dan Program Studi Pilihan Pendaftar SNMPTN 2018

Berdasarkan informasi di situs resmi SNMPTN, pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 PTN. Jika memilih 2 PTN, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asalnya. Apabila pendaftar memilih satu PTN, lokasi kampus bisa berada di provinsi mana pun.

Pendaftar SNMPTN juga dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 program studi, dengan ketentuan 1 PTN maksimal 2 program studi.

Selain itu, urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan pendaftar. Jadi, pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. Pendaftar yang memilih program studi di 2 PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.

Sedangkan Khusus untuk pendaftar berstatus siswa SMK, hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.

Sementara daftar PTN yang bisa dipilih oleh pendaftar SNMPTN 2018 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Reporter : Ramadhan NR     Editor : Imran Ibnu



Comments

comments


Komentar: 0